Bea dan Cukai (KPPBC) TMP Bandara Kualanamu.
Sumber :
  • Sukri

Viral Soal Praktik Pungli IMEI Iphone di Bea Cukai Kulanamu, Kepala KPPBC TMP Bandara Kualanamu Membantah

Minggu, 26 Maret 2023 - 13:41 WIB

Deliserdang, tvOnenews.com - Masih tentang polemik para pegawai Direktorat Jendral Bea Cukai, Kementerian Keuangan, yang heboh dengan upeti biaya masuk internasional mobile equipment identity (IMEI) Iphone diduga berubah menjadi IMEI android. 

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) TMP Bandara Kualanamu, Elfi Haris, membantah, ia menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan pemeriksaan sampai monitoring dan evaluasi, tidak ada IMEI Iphone dirubah menjadi IMEI android.

"Dari yang sudah kita periksa dan dari hasil monitoring dan evaluasi tidak ada IMEI Hp Iphone yg ditetapkan Rp1 jt, apalagi HP baru misalnya. Karena teman-teman PBC yang memutus juga punya acuan, tidak asal aja," jelas Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) TMP Bandara Kualanamu, Elfi Haris, kepada tvOnenews.com, Minggu (26/3/2023).

Elfi juga menambahkan, keributan yang terjadi tentang permasalahan harga IMEI Hp tertentu adalah harga dari pemberitahuan penumpang.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) TMP Bandara Kualanamu, Elfi Haris.

"Mungkin yang terpotret itu adalah harga pemberitahuan yang disampaikan penumpang. Terkait harga Hp, pegawai memutus berdasarkan profesional adjusment mereka, untuk handphone baru banyak acuan yang bisa digunakan, termasuk dari dealer resmi, tetapi untuk Hp bekas, pegawai melihat di website-website negara asal Hp tersebut dibeli oleh penumpang," tambah Elfi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral