Tim Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Aceh melakukan uji sampel takjil Ramadhan 1444 Hijriah, di Bireuen, Selasa (28/3/2023)...
Sumber :
  • Antara

Jamin Keamanan Takjil, BPOM Aceh Lakukan Pendeteksian Bahan Formalin di Bireuen

Rabu, 29 Maret 2023 - 11:17 WIB

Banda Aceh, tvOnenews.com - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Aceh mendeteksi jajanan takjil di Kabupaten Bireuen, Aceh, pada Selasa (28/3/2023). Salah satunya menjaga kemananan bahan makanan dari formalin.

Kepala BBPOM Banda Aceh, Yudi Noviandi, mengatakan, terdapat 65 sampel takjil yang diuji di laboratorium mobil keliling wilayah Bireuen, alhasil terdapat satu sampel yang diduga tidak aman.

"Total yang diuji sebanyak 65 sampel, dengan hasil pengujian sebanyak 64 sampel memenuhi syarat dan terdapat satu sampel mie diduga positif formalin di Bireuen," kata Yudi.

Ia menjelaskan, pengujian sampel makanan tersebut dilakukan dalam upaya intensifikasi pengawasan pangan jajanan selama Ramadhan 1444 Hijriah di daerah Tanah Rencong.

Pihaknya bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bireuen, Aceh Besar dan Banda Aceh, untuk melakukan pengawasan keamanan pangan, baik distribusi maupun pangan jajanan Ramadhan atau takjil.

Saat pengawasan di Bireuen, kata dia, BPOM Aceh mengawali dengan pemeriksaan keamanan pangan di retail penjualan, kemudian mengambil sampel makanan takjil yang berpotensi mengandung bahan berbahaya di Jalan Langgar, Bireuen, untuk selanjutnya diuji di laboratorium mobil keliling.

Ia menambahkan, sampel makanan takjil yang diuji cepat menggunakan laboratorium mobil keliling tersebut di antaranya mie, bakso, agar-agar, kue basah dan minuman yang berwarna. Dengan parameter uji identifikasi bahan berbahaya boraks, formalin, methanyl yellow dan rhodamin B.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral