Logo BMKG.
Sumber :
  • Antara

BMKG: Waspadai Hujan yang Dapat Sebabkan Banjir di Sumatera Utara

Rabu, 29 Maret 2023 - 16:05 WIB

Medan, tvOnenews.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat di Provinsi Sumatera Utara agar mewaspadai hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Lestari I.Purba, mengatakan, sebagian wilayah di Sumatera Utara pada Rabu (29/3/2023) sore dan malam berpeluang diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Atas dasar kondisi tersebut, BMKG mengeluarkan imbauan kepada masyarakat agar tetap waspada potensi terjadinya hujan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dan badai petir di wilayah Pegunungan, Lereng Timur, Lereng Barat dan Pantai Barat Sumatera Utara.

"Kondisi tersebut harus diwaspadai karena berpotensi dapat menyebabkan banjir dan longsor," katanya.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari cerah berawan, dan berpeluang terjadinya hujan ringan di Wilayah Kepulauan Nias.

Siang dan sore hari berawan dan berpeluang hujan ringan hingga sedang di sebagian Wilayah Sumatera Utara. Hujan sedang berpotensi terjadi di wilayah Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Samosir, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Sibolga, Simalungun, Padang Lawas, Padang Sidempuan dan Mandailing Natal.

Malam hari berawan dan berpeluang hujan ringan hingga lebat di wilayah Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan, Mandailing Natal, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Samosir dan Padang Lawas.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral