Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Mhd. Jahari Sitepu saat memperlihatkan satu WNA asal Malaysia memiliki KTP Bengkalis.
Sumber :
  • Antara

Gunakan Dokumen Kependudukan Indonesia, Kemenkumham Riau Amankan 3 WNA asal Malaysia

Kamis, 30 Maret 2023 - 23:20 WIB

Pekanbaru, tvOnenews.com - Tim Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pekanbaru mengamankan tiga orang Warga Negara Asing asal Malaysia, Kamis (30/3/2023). Ketiga WN Malaysia itu memiliki sejumlah dokumen seperti KTP, KK hingga Akte Kelahiran.

"Salah satu dari WNA tersebut dengan inisial MN memiliki Nomor Identitas 7503 10 14 5663 terbukti memiliki Dokumen Kependudukan Indonesia berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan Akte Kelahiran asal Bengkalis. Ini jelas menyalahi aturan," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Mhd Jahari Sitepu.

Mhd Jahari Sitepu mengatakan, setelah melakukan koordinasi dengan Konsulat Malaysia, dapat dipastikan bahwa MN merupakan warga negara Malaysia yang beralamat di Ampang, Selangor. Diketahui, MN menggunakan identitas tersebut untuk mendirikan badan usaha di bidang pertambangan.

Untuk hasil pemeriksaan yang lebih komprehensif, Tim Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Riau masih melakukan pemeriksaan yang mendalam serta berkoordinasi dengan instansi terkait untuk pengembangan lebih lanjut.

"Apakah mereka nanti mendapat tindakan administratif keimigrasian atau pidana, sebagai komitmen dalam memberikan tindakan tegas terhadap Warga Negara Asing yang melanggar aturan di Indonesia," ujar Jahari Sitepu. (ant/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral