Bripka Arfan Saragih dan istrinya di postingan akun Facebook.
Sumber :
  • Tim Tvone/ Yoga Syahputera

Tewas Tak Wajar, Berikut Profil Bripka AS, Polisi yang Terlibat Kasus Penggelapan Pajak Kendaraan Bermotor

Jumat, 31 Maret 2023 - 13:27 WIB

Medan, tvOnenews.com - Bripka Arfan Saragih (AS), Pejabat Sementara Kanit Dalmas Polres Samosir, ditemukan tewas pada Senin 6 Februari 2023 lalu. Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman kemudian mengumumkan Bripka AS tewas bunuh diri dengan menenggak cairan racun sianida, setelah menggelapkan pajak komunal senilai Rp2,5 miliar terungkap.

Pada tahun 2015, almarhum Bripka Arfan Saragih, bertugas di Samsat kemudian dipindahkan ke Samapta di bawah naungan Polres Samosir. Almarhum baru saja naik pangkat menjadi Bripka Polisi pada tahun 2021 lalu.

Almarhum menikah dengan Jenni Irrene Boru Hasibuan pada tahun 2017 lalu dan memiliki dua putra bernama Broms dan Bens. Dari akun medsosnya, almarhum menyandang nama Papi Broms.

Citra Bripka Arfan Saragih dikenal sebagai polisi yang tampan dan ramah dengan banyak rekannya. Sebelum kasus penggelapan pajak kendaraan bermotor mencuat, ia disebut sosok yang aktif bertugas di Satlantas Polres Samosir dengan penempatan di Unit Samsat.

Ayah dua anak itu sempat ingin membongkar penggelapan dana pajak senilai Rp2,5 miliar. Ironisnya, jasadnya justru ditemukan tewas dengan dugaan bunuh diri minum sianida. 

Menurut kuasa hukum almarhum, Bripka AS sudah memberikan atau membayar sejumlah Rp750 juta atas kerugian yang disangkakan kepadanya yang mencapai Rp1,3 miliar. Sementara sisa dari total Rp2,5 miliar tersebut seharusnya menjadi tanggung jawab sejumlah rekannya yang terlibat.

"Almarhum bercerita ia sudah ditetapkan tersangka disebut-sebut oleh pihak Polres Samosir. Dan ketika itu uang baru berkisar Rp750 juta terbayar dan belum lunas, totalnya Rp1,3 miliar. Status tersangka almarhum disebut diterima melalui pesa WA ketika itu. Makanya ini aneh dan kita harap indikasi itu benar dan tak dihilangkan. Karena HP almarhum kan disita Kapolres sampai saat ini belum dikembalikan. Di sini perlu kita harap tim IT independen dari Mabes Polri atau Kapolri merespon itu,” ujar Fridolin.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral