Peta rekayasa lalu lintas arus satu arah atau 'One Way' Padang - Bukittinggi..
Sumber :
  • Tim TvOne/Wahyudi Agus

Pengendara Wajib Tahu! Begini Skema Uji Coba Jalur Padang - Bukittinggi Satu Arah

Jumat, 7 April 2023 - 13:49 WIB

Padang, tvOnenews.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Sumbar makin gencar lalukan persiapan rekayasa kalu lintas satu arah dari Padang menuju Kota Bukittinggi pada Sabtu (8/4/2023) mendatang. Berbagai persiapan tengah digelar. "Kita akan menempatkan 200 personil di jalur yang akan diberlakukan sistem satu arah atau One Way nanti, kita berharap masyarakat pengendara bisa mengikutinya," ujar Kombes Pol Hilman, Kamis petang (06/04/2023).

Dalam skemanya, di hari uji coba satu arah, semua kendaraan dari arah Padang menuju Bukittinggi tetap di jalur yang sama. Namun, untuk kendaraan dari Bukittinggi menuju Padang akan diarahkan melewati Jalan Malalak-Sicincin Padang Pariaman. "Kita mengarahkannya dari Padang Lua Bukiitinggi dan berbelok ke kanan arah Malalak hingga ke simpang tiga Koto Mambang Padang Pariaman," papar Hilman Lagi. Dalam rencana ini diberlakukan dari pukul 12.00 hingga 16.00 WIB. 

Penjadwalan uji coba memang disengaja pada 8 April 2023 nanti. Lantaran bertepatan dengan libur akhir pekan atau 'Week End dan Long Week End', yakni tanggal merah di hari Jumat (7/4/2023) disambut libur Sabtu dan Minggu. "Jadi dengan kita lakukan uji coba One Way di tanggal delapan itu, kan bertepatan dengan 'long week end' sehingga volume kendaraan akan lebih meningkat dibanding akhir pekan biasa. Memang tidak sebanyak pas lebaran tapi setidaknya volume kendaraan jumlahnya bisa mendekati", terang Hilman lagi.

Hilman menekankan, jika nantinya ini bisa diatasi maka Direktorat Lalu Lintas Polda Sumbar meyakini ketika satu jalur diberlakukan pada H-3  dan H+3 libur Idul Fitri nanti, kemungkinan kemacetan seperti tahun-tahun sebelumnya juga bisa diatasi. 

Bagaimana dengan pengendara yang memulai perjalanan dari jalur setelah Padang Lua Bukittinggi yang hendak menuju Padang atau sekitarnya, Hilman menjelaskan, bahwa di jam berlakunya satu arah nanti pengendara harus memutar arah melewati  Singkarak Solok atau Tanah Datar, jika hendak menuju Padang. 

"Misalnya pengendara yang berada di Padang Panjang menuju Padang, ya harus berputar melewati Tanah Datar atau Singkarak, Solok. Atau jika berada lebih dekat ke Padang Lua, maka wajib lewat Malalak, intinya yg ditutup dari arah Bukittinggi menuju Padang," ulang Hilman. 

Selain itu, untuk pengendara lokal yang memakai jalur pendek ke arah Padang Panjang, Malibo Anai, Kayu Tanam hingga Sicincin Pariaman,  juga harus memperhatikan jam diberlakukan rute satu arah. Dengan cara menunggu selesainya waktu diberlakukan jalur satu arah tersebut, baru bisa lewat. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:05
07:53
01:23
05:26
13:30
02:11
Viral