Proses pertolongan kepada anak buah kapal (ABK) kapal pompong yang karam di Pelabuhan Kuala Tungkal, Jambi, Rabu (12/4/23)..
Sumber :
  • Antara

Kapal Bermuatan Kopra Karam Saat Tiba di Dermaga Kuala Tungkal Jambi

Rabu, 12 April 2023 - 12:13 WIB

Jambi, tvOnenews.com - Kapal jenis pompong yang bermuatan kopra saat tiba di Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi, tiba-tiba karam di dermaga WFC Kuala Tungkal. Dalam kejadian itu, kata Kasatpol Air Polres Tanjab Barat Kompol Saiful, Rabu (12/4/2023), tidak ada korban jiwa atau luka. Namun, hanya kerugian material yang dialami korban.

Saat kejadian, kapal Pompong GT 06 terdorong arus sehingga kapal milik Salem (51), warga Pulau Kijang yang bermuatan kopra tenggelam di dermaga Watter Front City (WFC) Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar) sekitar pukul 09.30 WIB. Pada saat ini polisi masih melakukan penyelidikan.

Kompol Saiful mengatakan, bahwa kapal pompong tersebut tenggelam dengan muatan 90 karung kopra. Pompong yang akan bergerak ke Pulau Kijang tersebut terbawa arus air di dermaga Pelabuhan Tanggo Rajo.

"Pemilik pompong kini tampak melakukan olah gerak di Pelabuhan Tanggo Rajo Ulu untuk membawa muatan kopra dengan tujuan ke dermaga Aseng," katanya.

Kasatpol Air Polres Tanjabbar mengatakan, bahwa saat melakukan olah gerak pompong tersebut kedorong arus ke arah bawah jembatan WFC. Akibatnya kapal pompong melintang masuk di antara kedua tiang jembatan.

Pada saat itu polisi menuturkan bahwa pemilik pompong meminta bantuan untuk proses evakuasi. Namun, saat Suradi hendak membantu, pompong sudah patah di bagian tengah lambung dan sudah setengah tenggelam.

"Mencari bantuan dengan meminjam pompong nelayan untuk mengevakuasi pemilik pompong yang masih berada di dalam pompong, lalu dibawa menuju dermaga Pasar Ikan Parit II," katanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:49
02:12
02:08
01:01
19:40
00:44
Viral