Tambang Emas Ilegal Masih Marak di Kabupaten Solok Selatan, Diduga Petugas Berseragam Terlibat Membekingi.
Sumber :
  • tim tvone - Beni Roska

Tambang Emas Ilegal Masih Marak di Kabupaten Solok Selatan, Diduga Petugas Berseragam Terlibat Membekingi

Rabu, 12 April 2023 - 22:55 WIB

Solok Selatan, tvOnenews.com - Maraknya tambang emas ileggal mengunakan alat berat jenis Excavator masih beroperasi di Kabupaten Solok Selatan. Bahkan tak tanggung-tangung diperkirakan sekitar 50 unit alat berat di daerah tersebut  masih melakukan pertambangan tampa izin (PETI).

Maka dari itu, Kabupaten Solok Selatan menyita perhatian Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Hal ini tak lain karena aktivitas pertambangan emas ileggal tak henti- hentinya hingga saat ini. 

Bahkan, tak ada pernah kata jerah setiap razia penertipan dilakukan oleh kepolisian Polda Sumbar terhadap mafia tambang ileggal di Kabupaten Solok Selatan selalu bocor. Kuat dugaan tambang emas Ileggal di lindungi oknum TNI - Polri terlibat dalam Mengelola mafia tambang emas ileggal di Kabupaten tersebut.

Di bulan Oktober 2022 Anggota DPR RI dari partai Gerindra Andre Rosiade meminta Polda Sumbar menutup aktivitas pertambangan emas ileggal di Kabupaten Solok dan Solok Selatan. 

Kemudian, dengan cepat Kapolda Sumbar Irjen pol Suharyono memerintahkan jajaran untuk menutup dan menangkap pelaku tambang ileggal. Baru operasi berkisar 2 bulan lamanya aktivitas tambang ilegal kembali di buka hingga saat ini.

Ada beberapa titik tambang Emas Ileggal yang beroperasi di kabupaten Solok Selatan hingga Saat ini. Bahkan dari pantauan tvOnenews, terlihat di atas benndungan Batu Bakawik Sungai Batanghari. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral