Kepala Terminal Tipe B Mulyojati, Dwi Hera Pratiwi memantau proses ramp check bus di terminal Mulyojati..
Sumber :
  • Antara

Kota Metro Lakukan Inspeksi Keselamatan Kendaraan Jelang Lebaran 2023

Kamis, 13 April 2023 - 19:40 WIB

Bandar Lampung, tvOnenews.com - Pemerintah Kota Metro, Provinsi Lampung, melakukan inspeksi keselamatan atau ramp check kendaraan di daerah setempat guna mempersiapkan Lebaran 2023.

"Kegiatan ramp check atau inspeksi keselamatan jalan bagi angkutan Lebaran ini dilakukan di Terminal Tipe B Mulyojati. Dan dilaksanakan bersama Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Dinas Perhubungan Kota Metro, Polres dan Jasa Raharja," ujar Kepala Terminal Tipe B Mulyojati, Dwi Hera Pratiwi, di Metro, Kamis (14/3/2023).

Ia mengatakan, pemeriksaan angkutan Lebaran itu dilakukan kepada 24 bus dengan jumlah bus yang layak jalan ada sebanyak delapan bus. "Pemeriksaan dilakukan kepada 24 bus yang ada di sini, dan dari jumlah tersebut ada 16 bus dinyatakan belum laik jalan," ucapnya.

Dia menjelaskan, mayoritas bus yang dinyatakan tidak laik jalan itu kebanyakan tidak memenuhi kelengkapan administrasi sebagai angkutan Lebaran. "Kelengkapan administrasi itu seperti SIM, STNK, uji KIR serta kartu pengawasan. Dan mayoritas bus yang belum laik jalan itu, karena syarat itu tidak lengkap," jelasnya.

Ia pun meminta pengusaha angkutan umum di Kota Metro untuk tertib administrasi maupun teknis laik jalan. Untuk memastikan agar bus dan kendaraan tersebut layak digunakan sebagai angkutan Lebaran 2023. "Ramp check ini dilakukan dari 3-15 April 2023. Dalam kegiatan ini akan ada dua hal yang dicek yaitu administrasi dan teknis," kata dia.

Ia menambahkan, untuk kendaraan umum yang sudah dinyatakan laik jalan untuk angkutan Lebaran tahun 2023 ini akan ditempel stiker laik jalan dari Dinas Perhubungan Lampung. "Jadi kendaraan umum yang sudah ada stiker laik jalan itu berarti sudah melewati berbagai macam uji kelayakan," tambahnya. (ant/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:38
02:46
01:38
03:09
10:13
04:52
Viral