Asap Pembakaran PLTU di Aceh Barat.
Sumber :
  • Chaidir Azhar

Polusi Udara, Warga Aceh Barat Keluhkan Debu Batu Bara Tambang dan Dua PLTU Perusahaan Diminta Bertanggung Jawab

Sabtu, 15 April 2023 - 00:57 WIB

Aceh Barat, tvOnenews.com - Polusi udara, warga Desa Peunaga Cut Ujong, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, sudah tak tahan dengan kotoran dari debu batubara di lingkungan mereka.

Polusi udara itu diduga ulah dari satu perusahaan tambang dan dua Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang beroperasi di sekitar tempat tinggal mereka.

Warga setempat, Siddiq mengatakan, menjelang magrib debu tiu jelas terlihat berterbangan dari arah PLTU dan perusahaan tambang di sana, membuat lantai dan kaca jendela kotor. Penduduk disana kian kewalahan jika setiap hari harus berurusan dengan masalah serupa.

"Sudah kita lakukan, tidak juga bisa diatasi debu tersebut agar tidak terhinggap di rumah kami, mereka sudah tidak bersaudara lagi kalau seperti ini," kata Siddiq pada Sabtu (15/4/2023) dini hari.

Dikatakannya, dugaan dalangnya ialah PLTU 1 dan 2 dan PT. Mifa bersaudara, sejak perusahaan itu beroperasi udara di lingkungan Desa Peunaga Cut Ujong sudah tak bagus lagi. Ditambah PLTU 3 dan 4 menambah derita warga disana, walau baru beroperasi tapi dampak polusi sudah cukup terasa, membuat warga tak nyaman tinggal disana.

"Saya berharap mereka harus bertanggung jawab atas kejadian menimpa Dusun Pertanian di Perumahan Sheep, jangan hanya mengambil untung diatas penderitaan kami," keluh Siddiq.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:58
01:43
04:43
01:04
02:18
03:32
Viral