Gubsu dan Kapolda Sumut Lepas Pemudik di Jalinsum Aceh Lintasi Jembatan Sei Wampu Langkat.
Sumber :
  • Tim TvOne/ Taufik

Gubsu dan Kapolda Sumut Lepas Pemudik di Jalinsum Aceh Lintasi Jembatan Sei Wampu Langkat

Selasa, 18 April 2023 - 14:32 WIB

Langkat, tvOnenews.com - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi bersama dengan Kapolda Sumut, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak meninjau sekaligus melepas secara langsung para pemudik lebaran untuk melintasi jembatan Sei Wampu, Kabupaten Langkat, Senin (17/4/2023).

Selesainya jembatan yang mulai dibangun sejak tahun 2016 dan memakan anggaran berkisar Rp 42 Milyar ini bakal memperlancar arus mudik dan lalu lintas saat Lebaran. 

Sebelumnya, jembatan lama selalu menjadi titik kemacetan panjang di hari-hari biasa, terutama saat hari-hari besar. Sekarang, jembatan tersebut akhirnya bisa digunakan. Per tanggal 17 April 2023 dan masyarakat sudah bisa memanfaatkan jembatan yang menghubungkan jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Medan-Aceh ini. 

"Ini akan memudahkan semua orang melintasi jalan ini, mudah-mudahan jadi tidak macet lagi," kata Edy Rahmayadi, usai pelepasan kendaraan di jembatan Sei Wampu. 

Edy Rahmayadi berpesan agar jembatan ini dijaga dan dirawat masyarakat. Salah satu yang membuat jembatan ini sulit dibangun, menurut Edy Rahmayadi adalah kasus pencurian material bangunannya. 

"2014 direncanakan, 2015 mulai dikerjakan, karena banyaknya yang mencuri besi, baut dan material lainnya lari kontraktornya, jangan terulang lagi seperti itu," kata Edy Rahmayadi. 

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Brawijaya mengatakan, jembatan Sei Wampu lanjutan merupakan jembatan lengkung terpanjang di Sumatera. Panjang jembatan ini 182 meter dengan art bridge 140 meter (lengkungan). 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:40
03:35
01:05
01:25
06:32
09:22
Viral