Pemudik di Pelabuhan SBP Tanjungpinang Membludak.
Sumber :
  • Tim TvOne/Kurnia

Pemudik di Pelabuhan SBP Tanjungpinang Membludak, Sebagian Penumpang Gagal Berangkat

Rabu, 19 April 2023 - 15:58 WIB

Tanjungpinang, tvOnenews.com - Dua hari menjelang lebaran Idul Fitri tahun 2023/1444 Hijriah, pemudik di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, Kepulauan Riau membludak. Sebagian penumpang gagal berangkatkan karena kehabisan tiket.

Para penumpang yang gagal diberangkatkan tersebut merupakan para pemudik tujuan berbagai pulau di Kabupaten Lingga, Kepri.

Operator Kapal PT Prima Buana Gema Bahari Tanjungpinang, Rendy mengatakan ada dua armada kapal tambahan yaitu Oceana 8 dan 9 yang disiapkan untuk mengangkut penumpang tujuan Tanjungpinang ke Pulau-pulau di Kabupaten Lingga.

"Ternyata dua kapal tambahan masih belum bisa mengatasi lonjakan penumpang tahun ini," ujar Rendy di Pelabuhan SBP Tanjungpinang. Rabu (19/4/2023).

Rendy menegaskan, bahwa pihaknya tidak akan memberangkatkan kapal jika sudah melebihi kapasitas. Jadi, pihaknya akan kembali menyediakan tiket kapal tujuan Tanjungpinang-Lingga, pada Kamis besok.

"Sudah ada kebijakan, jadi besok akan diberangkatkan kembali satu kapal tambahan," tegasnya.

Sementara itu, Kasi Lalu-lintas Kapal KSOP Tanjungpinang, Imran membenarkan bahwa tiket tujuan Tanjungpinang-Lingga habis. Baik kapal Super Jet maupun Oceana 8 dan 9.

"Untuk saat ini belum ada informasi dari operator untuk menambahkan kapal hari ini. Mungkin besok, kalau sudah membludak lagi," ungkap Imran.

Berdasarkan hasil rapat, kata Imran operator kapal menyatakan akan siap untuk menambah armada atau trip kapal, jika terjadi lonjakan penumpang di Pelabuhan SBP Tanjungpinang.

"Saran saya, penumpang yang tidak terangkut bisa mencari opsi lain. Karena kapal tidak akan diberangkatkan jika sudah melebihi kapasitas," kata Imran.

Selain itu, Imran menerangkan jumlah penumpang hari ini akan mengalami peningkatan yang drastis, jika dibandingkan dengan hari sebelumnya. Berdasarkan data Selasa (18/3/2023) kemarin, ada 2.959 orang yang berangkat dari Tanjungpinang.

Sementara yang tiba di Pelabuhan SBP Tanjungpinang, ada sebanyak 2.437 penumpang. Jumlah penumpang ini mengalami peningkatan 5,54 persen jika dibandingkan hari sebelumnya.(ksh/haa)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:51
02:43
03:42
03:43
08:21
01:18
Viral