Longsor di Tanah Datar.
Sumber :
  • Wahyudi Agus

Banjir dan Longsor Hantam 6 Kabupaten dan Kota, BPBD Sumbar: Sawahlunto Titik Longsoran Terbanyak

Kamis, 4 Mei 2023 - 01:43 WIB

Padang, tvOnenews.com - Akibat curah hujan yang tinggi sepanjang Rabu (3/5/2023), sejumlah kabupaten dan kota di Sumatera Barat dilanda bencana banjir, tanah longsor dan pohon tumbang.

Daerah terdampak longsor tersebut meliputi Kabupaten Sijunjung, Kota Sawahlunto, Solok Raya (kota dan kabupaten), Tanah Datar dan Kabupaten Agam. Menurut Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Sumbar, titik longsor terbanyak terdapat di Kota Sawahlunto.

“Titik longsor banyak terjadi di Kota Sawahlunto, ini diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi. Selain longsor yang beberapa diantaranya menimpa rumah warga, juga terjadi pohon tumbang yang menghambat akses jalan raya,” ujar Rumainur Bakar, Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Logisitik BPBD Sumbar kepada tvOnenews.com, Rabu malam (3/5/2023).

Lokasi terdampak tanah longsor di Kota Sawahlunto terjadi di 10 titik diantaranya; Lubang Panjang longsoran kurang lebih 50 m membuat jalan terhambat, Jalan kubang Utara Lunto, Jalan utama Kubang Tangah, Dusun Guguk Pauah disini kondisinya putus total berdampak pada akses jalan.

Kemudian di perumahan warga Sei Loban dan Tambun Baru, Muaro Kalaban berdampak pada rumah warga dan akses jalan. Tanah Longsor di Jalan Simalukuik ke Sikabu, Jalan desa bagian utara Sikabu. Selanjutnya, Tanah Longsor di Jalan utama Kubang Sikarakuk Selatan dekat SMAN 1 Sawahlunto. Serta di rumah warga kelurahan Kubang Sirakuk Selatan.

Tanah Longsor juga terjadi di dekat RSUD Kota Sawahlunto berdampak pada RSUD, kemudian halaman rumah warga di Dusun Tangah Sawah, Desa Silungkang. Serta di kelurahan Aur Mulyo, Kelurahan Aia Dingin, Kubang Tangah yang berdampak pada rumah warga. Terakhir,  longsor di fasilitas SMPN 1 Sawahlunto.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral