Pendaftaran salah seorang calon DPD RI dapil Kepri.
Sumber :
  • Tim TvOne/Kurnia

KPU Kepri Baru Menerima Pendaftaran 3 Calon DPD RI, Caleg Masih Kosong

Jumat, 5 Mei 2023 - 19:42 WIB

Tanjungpinang, TvOnenews.com - Hingga hari ke-5 sejak dibukanya pendaftaran calon legislatif, belum satupun parpol peserta pemilu 2024 mendaftarkan kader mereka sebagai bakal calon legislatif di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri.

Salah seorang Komisioner KPU Kepri, Arison mengatakan rencananya parpol Nasdem akan mendaftarkan bakal caleg pada 5 Mei 2023 hari ini, namun rencana tersebut batal dan diundur tanggal 10 Mei 2023.

"Rencananya hari ini mereka (Nasdem) mendaftar secara serentak nasional. Mungkin ada pertimbangan lain, jadi diundur," ujar Arison, disela-sela penerimaan pendaftaran bakal calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) daerah pemilihan Kepri, Jumat (5/5/2023).

Sementara menurut Arison, dari 15 bakal calon DPD RI dapil Kepri yang dinyatakan memenuhi syarat, baru 3 calon yang mendaftarkan diri secara resmi.

Tahapan pendaftaran caleg dan DPD RI ini sudah dibuka sejak 1 Mei yang lalu dan akan berakhir pada 14 Mei 2023 mendatang.

"Sampai hari ini baru 3 orang. Besok ada lagi atas nama Juanda, dan lusa atas nama Stephanie Gerad," lanjut Arison

Arison menjelaskan, untuk hari ini, ada satu orang yang mendaftar bacalon DPD RI, yakni Gerry Yasid. Gerry Yasid diketahui merupakan mantan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepri.

"Sebelumnya ada Ria Saptarika yang hingga kini masih sebagai anggota DPD RI dapil Kepri, kemudian Hotman Hutapea, mantan anggota DPRD Kepri," jelasnya.

Arison juga menyampaikan, bahwa berkas pendaftaran yang sudah lengkap, tinggal menunggu proses pengesahan, pada 16 Mei sampai 23 Juni.

"Akan diperiksa betul, kalau ada hal yang mencurigakan atau berkas yang tidak sesuai aturan, kami berhak klarifikasi," pungkasnya.(ksh/haa)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:06
01:46
05:13
01:51
04:09
02:08
Viral