Hindari panas, pekerja dilapangan bekerja di dalam ruangan.
Sumber :
  • Tim TvOne/Sri Gustina Hasan

Menyengat, Cuaca Panas Kota Medan Sentuh 34 Derajat Celcius, Dokter: Hindari Keluar Rumah

Jumat, 12 Mei 2023 - 17:26 WIB

Medan, tvOnenews.com - Suhu udara khusus di wilayah Kota Medan saat ini sedang dalam kondisi panas yang menyengat, Kamis (11/5/2023).
Menurut pengukur suhu udara tercatat siang hari menyentuh 34 derajat Celcius.

Akibatnya, cuaca terik pun begitu dirasakan menyengat kulit jika berada di luar rumah. Tak sedikit, warga yang beraktivitas di lapangan mengeluhkan cuaca panas.
"Hari ini kok terasa panas kali, trus bawaannya mau minum es terus,” ujar warga Medan.

Sementara itu, Ketua Persatuan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Sumut, dr Rudi Sambas mengimbau masyarakat untuk meminimalisir aktivitas di luar ruangan bila tidak ada sesuatu yang urgen atau mendesak untuk dilakukan.

"Kalau bisa dilakukan secara daring atau online hal itu lebih baik untuk menghindari paparan sinar matahari dan panas yang terjadi saat ini," tuturnya.

Sebab jelas Rudi, serangan cuaca yang panas dapat mengganggu kesehatan. Karenanya, jika memang terpaksa harus keluar, dia menyarankan agar setelah kembali ke rumah untuk segera menyejukkan diri kembali.

"Misalkan mandi atau aktivitas yang bisa mendinginkan tubuh. Tapi kalau bisa jangan langsung mandi, melainkan menstabilkan suhu tubuh terlebih dahulu," ucapnya.

Selain itu, Rudi menyarankan, pada cuaca panas seperti ini dengan memperbanyak minum air putih. Akan tetapi, Rudi menegaskan untuk menghindari minum es, karena bisa menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral