Tampilan monitor BBMKG kondisi cuaca panas dan suhu udara meningkat di Medan..
Sumber :
  • Ahmidal Yauzar

Gerah! Cuaca Panas di Medan, BMKG Ungkap Penyebabnya

Minggu, 14 Mei 2023 - 13:38 WIB

Medan, tvonenews.com - Cuaca panas disertai meningkatnya suhu udara dirasakan masyarakat Kota Medan baik yang sedang berada di luar maupun di dalam rumah. Suhu panas ini sudah terjadi sejak satu bulan lalu.

Dari prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Wilayah l Medan, peningkatan suhu udara terjadi lantaran kondisi tutupan awan di wilayah kota Medan minim, sehingga menyebakan intensitas matahari yang masuk kepermukaan bumi diterima secara maksimum.

“Untuk suhu udara maksimum uang tercatat di wilayah kota Medan dan sekitarnya dalam dua sampai tiga hari belakangan ini cukup tinggi, yakni berkisar 35,2 - 35,6 derajat celcius," Kata Budi Prasteyo sebagai Prakirawan BBMKG wilayah 1 Medan saat diwawancarai, Sabtu (13/5/2023).

Kondisi panas yang dirasakan masyarakat kota Medan dalam tiga hariini juga akibat gerak semu matahari yang bergerak pada bulan Mei bergerak dari belahan garis khatulistiwa menuju belahan bumi utara.

“Jadi saat ini intensitas yang diterima Sumatera Utara termasuk Medan lebih banyak dari biasanya. Untuk Sumut hampir keselruhan khususnya di perkotaan dirasakan suhu panas dan gerah dan mudah haus," jelas Budi Prasetyo.

Untuk itu BBMKG wilayah l Medan mengimbau agar masyarakat yang sedang melaksanakan aktivitas di luar rumah untuk memakai perlindungan tubuh supaya tidak terpapar langsung dengan sinar matahari, dan mengkonsumsi banyak air mineral guna menghindari kurangnya cairan tubuh. (ayr/nof)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:40
08:51
13:42
07:20
01:12
01:28
Viral