Calon jemaah haji asal Mandailing Natal..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Romulo

Tidak Mampu Lunasi Biaya Haji, Puluhan Calon Jemaah Haji di Madina Gagal Berangkat

Selasa, 16 Mei 2023 - 13:19 WIB

Mandailing Natal, tvOnenews.com - Puluhan calon jemaah haji asal Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Sumatera Utara terpaksa menunda keberangkatannya karena tidak mampu melunasi biaya haji. Musim haji tahun ini pemerintah menaikan biaya haji sehingga sebagian jemaah kesulitan untuk melunasinya.

Calon jemaah haji asal Kabupaten Madina telah melaksanakan persiapan terakhir untuk berangkat ke Tanah Suci. Calon jemaah haji melakukan manasik Haji Akbar di Halaman Mesjid Agung Nur Ala Nur Panyabungan, Madina.

Kegiatan tersebut melibatkan Pemerintah Kabupaten Madina serta seluruh calon jemaah haji beserta petugas haji.

Untuk musim Haji tahun 2023 ini, Kabupaten Madina akan memberangkatkan 492 calon jemaah haji. Calon jemaah haji Madina akan dibagi dalam dua Kelompok Terbangter ( kloter)  yaitu satu kloter penuh sebanyak 355 calon jemaah haji dan kloter sisa sebanyak 137 calon jemaah haji.

Tahun ini puluhan jemaah haji asal Kabupaten Madina gagal berangkat karena berbagai alasan, diantaranya tidak mampu melunasi biaya haji.

Kepala Seksi Haji dan Umroh Departemen Agama Kabupaten Madina, Irfansyah Nasution menyebutkan, hingga batas pelunasan tanggal 5 Mei 2023 lalu, sebanyak 40 orang calon jemaah haji yang masuk dalam daftar keberangkatan tidak melunasi ongkos naik haji karena alasan finansial, kesehatan dan menunggu keluarga.

Insya Allah, tahun ini kita akan memberangkatkan 492 calon jemaah, nanti ada kloter sisa di samping kloter penuh. Itu bukan gagal, itu ditunda keberangkatannya, itu sebanyak 40 orang. Karena dia ingin menggabung keberangkatan keluarga karena tidak ada program tahun ini, karena finansial dan ada karena faktor kesehatan” terang Irfansyah Nasution.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:44
02:05
04:10
05:46
01:09
15:57
Viral