Rumah Sakit Umum Panyabungan..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Romulo

Ruang IGD Penuh! Rumah Sakit Umum Panyabungan Kewalahan Menerima Lonjakan Jumlah Pasien Dampak Cuaca Panas Ekstrem

Sabtu, 20 Mei 2023 - 12:14 WIB

Mandailing Natal, tvOnenews.com Rumah Sakit Umum Panyabungan Mandailing Natal (Madina) di Sumatera Utara menghadapi tantangan besar dalam menerima pasien rawat inap akibat lonjakan jumlah pasien selama satu minggu terakhir. Situasi ini diduga disebabkan oleh banyaknya warga yang sakit akibat cuaca panas ekstrem yang melanda daerah ini dalam satu bulan terakhir.

Ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) di Rumah Sakit Umum Panyabungan penuh dengan pasien yang menunggu ketersediaan ruang perawatan kosong di rumah sakit tersebut. Semua tempat tidur untuk menangani pasien darurat telah terisi penuh, sehingga pasien-pasien lain harus menunggu untuk mendapatkan perawatan.

Salim Martua, salah satu pasien di ruang IGD, telah berada di sana hampir 24 jam dan belum dipindahkan ke ruang inap yang kosong. Ia mengeluh mengenai sakit perut dan usus yang dideritanya sejak sekitar jam sembilan kemarin. Namun, ia belum dipindahkan karena belum ada ruang inap yang tersedia.

Selain itu, ruang IGD RSUD Panyabungan juga dipenuhi pasien yang dirawat di Selasar IGD karena tidak ada tempat lain yang tersedia.

Nur Mawardi Hasibuan, seorang orang tua pasien yang baru keluar dari rumah sakit, mengatakan bahwa anaknya tidak bisa dirawat di rumah sakit tersebut karena tidak ada ruang inap yang tersedia. Anaknya mengalami muntah dan diare, tetapi akhirnya dirawat jalan meski kondisinya sudah membaik.

“Anak saya kan kemarin dibawa ke rumah sakit ini, muntah mencret, seharusnyakan di infus, diberi cairan, tapi akhirnya terpaksa rawat jalan karena tidak ada ruangan. Alhamdulillah sudah membaik meski rawat jalan," keluh Nur Mawardi Hasibuan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral