Samsul Bahri, Kepala Kemenag Kabupaten Aceh Barat..
Sumber :
  • Tim tvOne/Chaidir Azhar

Terkendala Biaya BIPIH dan Sakit, 18 Calon Jemaah Haji Aceh Barat Batal Berangkat ke Tanah Suci

Sabtu, 20 Mei 2023 - 15:07 WIB

Aceh Barat, tvonenews.com - Sebanyak 18 orang calon jemaah haji Kabupaten Aceh Barat membatalkan diri untuk berangkat haji tahun ini. Pembatalan ini terpaksa dilakukan selain masalah kesehatan juga terkendala Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH) yang mengalami kenaikan.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Aceh Barat, Samsul Bahri mengatakan, rencananya tahun ini pihaknya akan memberangkatkan sebanyak 226 orang calon jemaah, kini hanya akan memberangkatkan 208 orang calon jemaah.

"Awalnya kita akan berangkatkan sebanyak 226 orang calon jemaah haji, namun karena ada sebanyak 18 orang membatalkan keberangkatan, maka hanya 208 orang yang kita berangkatkan," kata Samsul, Sabtu (20/5/2023).

Menurut Samsul, berbagai faktor yang menyebabkan 18 orang calon jemaah haji membatalkan diri berangkat ke tanah suci, ada yang bermasalah dengan anggaran tambahan, ada juga bermasalah dengan kesehatan.

"Sebagian besar jemaah terkendala dengan penambahan biaya perjalanan haji, ada yang alasan kesehatan," sebutnya.

Samsul juga mengakui, ada penambahan biaya perjalan haji pada tahun ini yang diduga membuat sejumlah calon jemaah haji terpaksa batal berangkat ke tanah suci, padahal mereka sudah menunggu cukup lama.

"Untuk tahun ini memang ada penambahan biaya, jika tahun lalu sebesar Rp32 juta, namun tahun bertambah sebesar Rp44 juta," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:44
02:01
06:13
08:31
03:29
04:25
Viral