Gula Aren hasil olahan Petani Lokal.
Sumber :
  • Tim TvOne/ Darlianto

Minta Dukungan Pemerintah, Petani Aren di Bungo Minim Bantuan

Selasa, 23 Mei 2023 - 12:44 WIB

Bungo, tvOnenews.com - Sejumlah Petani Aren Desa Teluk Pandak, Kecamatan Tanah Sepenggal, Kabupaten Bungo hingga saat ini sangat butuh dukungan dan perhatian dari Pemerintah, yang selama ini kurang diperhatikan.

Dari bentuk dukungan dan perhatian tersebut, mereka berharap ada bantuan yang diberikan dalam menunjang perekonomian Petani Aren, dalam pemasaran dan bibit pohon aren.

“Harapan kami ada perhatian dan dukungan dari pemerintah untuk memberikan bantuan bibit pohon aren, karena selama ini pohon aren yang disadap merupakan pohon aren liar, selain itu pemasarannya kita lakukan secara mandiri dengan harga yang murah,” kata Safe'i, petani aren dari Desa Teluk Pandak, Senin (22/05/23).

Bantuan bibit yang diperlukan, karena petani aren didaerah itu hanya menyadap pohon-pohon aren yang tumbuh liar di sepanjang bantaran sungai Batang Tebo. Hal tersebut telah dilakukan oleh petani aren didaerah itu sejak puluhan tahun lalu atau dari beberapa generasi telah mereka lakukan.

Begitu pula dengan proses produksi dan pemasaran hasil olahan dari air nira atau aren yang di olah menjadi gula aren. Petani aren didaerah itu selama ini memproduksi secara rumahan dengan menggunakan peralatan seadanya.

"Selain pohonnya sudah sulit didapatkan, harganya itu juga jauh dari keuntungan," tuturnya.

Dirinya juga menyebutkan, pihak dari Dinas terkait pernah melakukan survey kelokasi penyadapan Aren diwilayahnya, namun hingga saat ini belum adanya bantuan yang diturunkan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:16
01:54
01:38
00:54
01:06
02:40
Viral