Penderita Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) lebih memilih beraktivitas di dalam rumah..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Sri Gustina

Waspada! Trend ISPA Meningkat di Musim Pancaroba di Medan

Rabu, 24 Mei 2023 - 17:10 WIB

Medan, tvOnenews.com - Meningkatnya penderita Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) ditengah musim pancaroba kian meningkat, apalagi disaat imun sedang tidak fit.

Saat ini di Kota Medan banyak warga mengeluhkan penyakit flu dan batuk. Penyakit yang dialami banyak warga ini juga disertai rasa gatal di tenggorokan dan tidak diketahui dari mana penularannya. 

"Awalnya hidung berasa perih sampai ke mata-mata, lalu diikuti dengan tenggorokan yang kering dan kepala ikut pusing," ujar Eli warga Medan pada Rabu (24/5/2023).

Akibat mengalami flu dan batuk ini, Eli terpaksa mengurangi aktivitasnya di luar rumah dan memilih mengerjakan pekerjaannya di dalam rumah. Selain menghindari kontak dengan orang lain agar tidak tertular ia mengaku agar cepat pulih dari penyakit yang dideritanya. 

"Terpaksa dirumah saja, biar orang lain tidak tertular. Batuk ini memang sangat mengganggu sekali jadi lebih baik di rumah dulu," tuturnya.

Sementara warga lainnya, Sri Hamurty S.pd juga mengaku sudah beberapa hari mengalami flu dan batuk. Ia juga tidak tahu tertular dari mana, namun ia mengakui saat berada dibeberapa tempat ia mendengar banyak sekali yang batuk dan flu di satu kelas tempatnya mengajar.

"Memang banyak yang flu dan batuk sekarang, pas saya mengajar di dalam kelas, bersahut-sahutan suara batuk anak didik saya tak henti-hentinya," ungkap guru IPS.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral