Warga di Dusun V Desa Semangus Pali..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Boris

Dusun V PALI Sumsel: Hidup dalam Kegelapan Tanpa Akses Listrik Selama Puluhan Tahun

Jumat, 26 Mei 2023 - 06:36 WIB

Pali, tvOnenews.com - Warga Dusun V, Desa Semangus, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumsel, mengeluh karena belum mendapatkan akses listrik selama puluhan tahun.

Dusun V, yang dihuni oleh 60 Kartu Keluarga (KK) dengan total 200 penduduk, mengandalkan lampu baterai untuk penerangan pada malam hari.

Hirizan, seorang warga Dusun V, mengatakan pada Kamis (25/05/2023) bahwa jika ada keperluan mendesak atau perlu mengisi daya handphone, dia harus pergi ke dusun tetangga yang berjarak sekitar 5 kilometer.

"Saya sudah 13 tahun tinggal di tempat ini, namun sampai sekarang rumah kami belum memiliki aliran listrik. Kami merasa bahwa hal ini sangat mempengaruhi kemajuan pendidikan anak-anak kami. Anak-anak kami merasa ketinggalan dibandingkan dengan anak-anak di kota. Saya mohon kepada pihak pemerintah agar segera menyediakan listrik untuk kami," katanya.

Warga lain di wilayah ini, seperti Widodo, juga mengungkapkan bahwa akses jalan dan listrik belum tersedia selama 11 tahun, terutama di Dusun V. Meskipun Indonesia telah merdeka selama 78 tahun, warga di Dusun V ini masih hidup dalam kegelapan.

"Kami merasa tertinggal dalam hal informasi dari luar yang belum kami dapatkan. Sulit bagi anak-anak kami untuk belajar. Saat malam hari, kami menggunakan lampu baterai besar yang kami rakit sendiri. Itu sudah cukup bagi kami saat ini. Harapan kami adalah mendapatkan akses listrik seperti warga lainnya, semoga ini bisa terwujud," ungkapnya. (bls/fna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral