Bikin Heboh Warga! Fenomena Waterspout Jumbo Terlihat di Langit Perairan Laut Karimun.
Sumber :
  • tim tvone - Jupri

Bikin Heboh Warga! Fenomena Waterspout Jumbo Terlihat di Langit Perairan Laut Karimun

Sabtu, 27 Mei 2023 - 14:32 WIB

Karimun, tvOnenews.com - Fenomena alam Waterspout atau belalai air berukuran jumbo terlihat di langit Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, Sabtu (27/5/2023) pagi.

Sontak kejadian itu membuat heboh warga, bahkan tak sedikit yang mengabadikan momen tersebut dan membagikannya ke laman media sosial (medsos).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karimun menjelaskan Waterspout merupakan fenomena alam seperti angin puting beliung namun terjadi di atas perairan.

Kejadian itu biasanya disebabkan adanya pertemuan antara dua sisi angin yang memiliki kecepatan tinggi namun dalam arah yang berlawanan didalam awan Cumulonimbus, sehingga membentuk pusaran Waterspout.

"Kejadian itu sebaiknya dihindari oleh para nelayan di laut, mengingat putaran angin yang sangat cepat dapat menimbulkan kerusakan yang fatal," ucap Forecaster BMKG Karimun, Younggy H.M. Hutabarat kepada media ini.

Menurutnya, fenomena Waterspout ini juga dapat memberikan dampak fatal apabila mendekati pemukiman warga yang berada di pesisir.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:52
01:10
01:35
01:59
02:00
01:32
Viral