Gulai Asam Ikan Baung.
Sumber :
  • Tim tvOne / Jasa Manurung

Gulai Asam Ikan Baung, Lezatnya Makanan Khas Melayu Asahan, Makyus...

Minggu, 28 Mei 2023 - 03:20 WIB

Asahan, tvOnenews.com -Seperti daerah daerah lainnya, Kabupaten Asahan Sumatera Utara, memiliki berbagai macam kuliner khas yang menjadi salah satu andalan untuk dinikmati. Salah satunya adalah Gulai Asam Ikan Baung,  yang merupakan ciri khas makanan melayu Asahan, Sumatera Utara.

 

Mendengar namanya saja sudah mudah ditebak bahwa makanan khas ini terbuat dari ikan, yaitu ikan baung yang menjadi menu utamanya.

 

Menurut Wikepedia, ikan baung adalah ikan asli yang hidup di perairan Indonesia, khususnya perairan air tawar dan banyak hidup di rawa rawa, danau, dan waduk. Ikan baung serupa dengan ikan lundu dan patin. Manfaat ikan baung ini yakni mencegah kanker usus dan mempercantik kulit, dagingnya yang manis membuat ikan ini banyak dinikmati masyarakat.

 

Cara membuat makanan gulai asam ikan baung ini menggunakan bumbu bumbu atau rempah rempah alami, selain ikan baung itu sendiri, bumbu rempah yang dipakai adalah bawang merah, bawang putih, kunyit berserta daunnya, lengkuas, daun serai wangi, cabai merah, tomat, kemiri, daun jeruk purut/ asam belimbing dan daun kemangi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral