Lemang Kancung Beruk.
Sumber :
  • Arizal

Lemang Kancung Beruk, Makanan Khas Kerinci Menggugah Selera yang Wajib Dicoba

Minggu, 28 Mei 2023 - 15:58 WIB

Kerinci, tvOnenews.com - Kabupaten kerinci merupakan kabupaten paling barat di Provinsi Jambi dan memiliki banyak sekali potensi dari segala hal seperti pariwisata dan hasil perkebunannya.

Alamnya yang indah sehingga tidak heran orang menyebut kerinci sebagai “sekepal tanah dari surga”.

Selain pariwisata, Kabupaten Kerinci juga memiliki keragaman kuliner yang mempunyai ciri khas yang dapat memanjakan lidah penikmatnya.

Salah satu makanan khas kerinci yakni Lemang Kancung Beruk, atau disebut juga Kantong Semar. Makanan khas kerinci ini dibuat dan terkenal sejak dahulu dan berasal dari Desa Lekuk 50 Tumbi Lempur, kecamatan Gunung Raya.

Masyarakat Kabupaten Kerinci umumnya dan masyarakat setempat lebih mengenal Lemang Kantong Semar dengan nama Lemang Kacung Beruk.

Lemang Kantong Semar berbeda dengan lemang pada umumnya, jika lemang pada umumnya menggunakan batang bambu sebagai wadah isian, kuliner khas Kerinci ini menggunakan kantong semar sebagai wadah isiannya.

Widia, salah satu warga Kecamatan Gunung Raya yang biasa membuat Lemang Kancung Beruk mengatakan, proses pembuatan Lemang Kancung beruk diawali dengan pencucian kancung beruk atau kantong semar terlebih dahulu hingga benar-benar bersih dan sangat perlu diingat bahwa tangkai kantong semar harus dibiarkan utuh agar kantong semar tidak bocor.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
00:54
05:03
Viral