Petugas BPBD Aceh Barat melakukan pemantauan di lokasi kebakaran lahan di kawasan Desa Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh.
Sumber :
  • Antara

BPBD Memastikan Kebakaran Hutan dan Lahan Seluas 1,5 Hektare di Aceh Barat Sudah Padam Sepenuhnya

Senin, 29 Mei 2023 - 02:27 WIB

Meulaboh, tvOnenews.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat memastikan kebakaran hutan dan lahan seluas 1,5 hektare di Desa Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat yang terjadi sejak beberapa hari lalu, saat ini telah sepenuhnya padam.

“Hasil pengecekan petugas ke lokasi kebakaran hutan dan lahan, saat ini tidak ada lagi asap dan api di lokasi kejadian,” kata Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Aceh Barat Mashuri di Meulaboh, Minggu (28/5/2023).

Ia menjelaskan kebakaran lahan di kawasan tersebut terjadi sejak Senin (22/5/2023) setelah peristiwa ini dilaporkan oleh masyarakat yang melintasi lokasi kejadian.

Saat melintas, warga melihat kepulan asap tebal dan api menjalar cepat di lokasi kebakaran lahan, karena cuaca yang panas dan kondisi terik Matahari.

Pihaknya mengerahkan dua regu petugas pemadam kebakaran guna melakukan upaya pemadaman selama beberapa hari tersebut.


Namun, karena dua hari terakhir sebagian besar wilayah Kabupaten Aceh Barat dilanda hujan lebat sehingga kebakaran lahan di areal seluas 1,5 hektare tersebut saat ini kondisinya telah padam secara keseluruhan.

“Untuk penyebab kebakaran saat ini masih dalam penyelidikan pihak berwajib,” kata Mashuri.

Ia menyebutkan berdasarkan hasil pantauan di lokasi oleh petugas BPBD Aceh Barat, juga tidak lagi temukan titik api dan asap di lokasi kebakaran. (ant)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral