Warga hentikan aktifitas alat berat saat membuka jalan untuk jalur pengambilan kayu hutan di Desa Simardona..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Irvan

Warga Desa Simardona Protes dan Hentikan Aktivitas Alat Berat dalam Pembukaan Jalan Jalur Pengambilan Kayu Hutan

Rabu, 31 Mei 2023 - 11:50 WIB

Padang Lawas Utara, tvOnenews.com - Warga Desa Simardona, Kecamatan Batang Onang, Kabupaten Padang Lawas Utara, melakukan aksi protes dan menghentikan aktivitas alat berat (excavator) yang sedang membuka jalan di kawasan lahan pertanian warga pada Selasa, (30/5/2023).

Aksi penghentian aktivitas alat berat ini dilakukan oleh warga setelah mendapatkan informasi tentang rencana pembukaan jalan baru sebagai jalur lintas pengangkutan kayu hutan di desa mereka.

Dalam aksi ini, warga terlibat dalam perdebatan dengan pihak pekerja. Masyarakat memaksa pekerja untuk menghentikan kegiatan karena alat berat tersebut tidak memiliki izin dari warga dan kepala desa setempat.

Menurut Sapran Harahap, salah satu warga, aksi penyetopan paksa kegiatan alat berat dilakukan oleh warga karena mereka telah beberapa kali menegur dengan surat resmi dan kepala desa mengetahuinya, namun pihak pengusaha mengabaikannya.

"Saya dan warga Desa Simardona sangat keberatan dengan aktivitas alat berat untuk pembukaan jalan baru yang direncanakan untuk kegiatan pengambilan kayu di kawasan hutan. Selain mengancam kerusakan jalan, wacana pengambilan kayu di desa kami bisa berdampak buruk terhadap sumber air di desa kami," ungkap Sapran Harahap.

Sementara itu, salah satu penanggung jawab kegiatan alat berat, Hari Tamopubolon, mengaku bahwa mereka hanya sebagai pekerja dan tidak mengetahui permasalahan yang terjadi, sehingga terjadi aksi protes dari warga desa.

"Kami hanya pekerja yang digaji, jadi tidak mengetahui tentang izin dan hal-hal lainnya," ungkap Heri.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral