Jamaah Haji asal Labuhan Batu saat berada di kereta api menuju Medan..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Ahmidal

Pertama Kali di Indonesia: Rombongan Jemaah Calon Haji Labuhan Batu Berangkat Menggunakan Kereta Api Menuju Asrama Haji

Rabu, 31 Mei 2023 - 18:08 WIB

Medan, tvOnenews.com - Untuk pertama kalinya, jemaah haji Indonesia berangkat menggunakan kereta api dalam perjalanan mereka ke Asrama Haji. Kali ini, rombongan jemaah Haji Kabupaten Labuhan Batu memilih moda transportasi kereta api dari Labuhan Batu menuju Medan.

"Keberangkatan rombongan haji dengan menggunakan kereta api ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh jemaah haji Kabupaten Labuhan Batu menuju Asrama Haji," ucap Mohamad Arie Fathurrochman, Vice President PT KAI Divre I SU.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini menjadi sejarah baru dalam perjalanan haji dan perkeretaapian di Sumatra Utara selama bertahun-tahun. "Ini adalah momen yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah perkeretaapian di Indonesia," ungkapnya.

Rombongan VVIP jemaah Haji Kabupaten Labuhan Batu menggunakan 8 kereta kelas eksekutif dengan total kapasitas 400 penumpang. Hari ini, sebanyak 337 Jemaah Haji dari Kabupaten Labuhan Batu berangkat sebagai penumpang VVIP dari stasiun Rantauprapat menuju Asrama Haji.

Kepala Kantor Kemenag Labuhan Batu, Agus Priadi, menjelaskan bahwa peserta ini berasal dari daerah Labuhan Batu dan termasuk dalam kloter ke-9 keberangkatan haji. "Kloter 9 dari Labuhan Batu berangkat dengan jumlah 331 jemaah haji," ucapnya.

Ia juga menyebutkan bahwa seharusnya ada 332 jama'ah haji yang berangkat, namun satu jama'ah tidak dapat melanjutkan perjalanan karena mengalami sakit yang serius. "Jadi, akhirnya jumlah jemaah yang berangkat menjadi 331 karena satu jemaah mengalami sakit stroke," pungkasnya.

(ayr/fna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral