Lezatnya Kerang Bulu Rebus, Kuliner Seafood Favorit di Tanjungpinang.
Sumber :
  • tim tvOne / kurnia

Lezatnya Kerang Bulu Rebus, Kuliner Seafood Favorit di Tanjungpinang

Minggu, 4 Juni 2023 - 07:12 WIB

Tanjungpinang, tvOnenews.com - Sebagai wilayah kepulauan, Tanjungpinang terkenal dengan berbagai kuliner laut (Seafood) yang pastinya lezat. Salah satunya adalah kerang bulu rebus.

Kuliner dari kerang bulu ini dapat ditemui di Rumah Makan Seafood yang ada di Tanjungpinang. Rumah makan seafood di Tanjungpinang sangat kreatif dalam mengolah jenis masakan kerang bulu. Paling sederhana adalah dengan direbus.

Meski sederhana masakan kerang bulu rebus ini paling banyak penggemarnya. Sebab, kerang bulu rebus memiliki citarasa yang khas saat hinggap di mulut penikmatnya. Selain itu, penikmat dapat mencocolkan daging kerang ke sambal rawit, agar dapat menambah rasa pedas.

“Kita banyak menyediakan menu masakan untuk kerang bulu ini. Seperti kerang bulu saus padang, kerang bulu tumis bawang putih, kerang bulu yang digulai, dan kerang bulu rebus. Tapi yang paling laris, kerang bulu rebus, karena ketika disantap rasanya asli dan segar,” ujar Heni, salah seorang juru masak di Rumah Makan Seafood di Tanjungpinang.

Sebelum diolah menjadi masakan yang enak, juru masak harus membersihkan kerang bulu terlebih dahulu. Seperti menyikat dan bilas kerang bulu menggunakan air mengalir. Kemudian membuang kerang bulu yang sudah mati atau retak.

Usai dibersihkan, kerang bulu harus direndam menggunakan air bersih selama kurang lebih 30 menit hingga 1 jam. Merendam kerang bulu, bertujuan untuk menghilangkan pasir atau kotoran yang mungkin masih menempel pada kerang.

“Lalu cuci kembali kerang bulu dengan air mengalir untuk memastikan bersih dari kotoran. Jangan lupa, menyediakan bahan masakan untuk membuat kerang bulu rebus, seperti Air secukupnya, dan sedikit garam,” ungkap Heni sembari membersihkan kerang bulu yang akan dimasak.

Selanjutnya kerang bulu yang sudah dipastikan itu dapat direbus menggunakan panci besar. Juru masak bisa memasukan garam ke dalam panci, untuk menambah rasa pada kerang, namun tidak harus.

Kerang bulu dapat direbus selama sekitar 5-10 menit. Waktu perebusan dapat bervariasi tergantung pada ukuran kerang dan preferensi kekenyalan kerang yang diinginkan. Jangan merebus terlalu lama agar kerang tidak terlalu keras atau kering. “Sesekali kita harus aduk atau guncangkan panci secara perlahan, agar kerang tercampur dengan baik dan merata,” terangnya.

Setelah kerang dipastikan matang, dapat diangkat dari panci dengan menggunakan sendok berlubang atau saringan. Tiriskan air rebusan kerang dan buang air tersebut dan kerang bulu rebus siap disajikan.

“Penikmat dapat menyantap kerang bulu sebagai hidangan utama. Cara makannya bisa dicocol sambal rawit. Bisa juga menggunakannya sebagai tambahan dalam hidangan mie, pasta, atau sup,” pungkasnya. (Ksh/Fhr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral