Sejumlah warga mengumpulkan batu bara yang mencemari kawasan pesisir pantai di Desa Peunaga Pasi, Meureubo, Aceh Barat, Aceh, Senin (29/5/2023). (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas).
Sumber :
  • Antara

DPRA Minta Pemerintah Aceh Bentuk Tim Telusuri Tumpahan Batu Bara

Kamis, 8 Juni 2023 - 12:09 WIB

Meulaboh, tvOnenews.com - Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) meminta kepada Pemerintah Aceh agar segera membentuk tim independen, guna menelusuri penyebab tumpahan material batu bara di sepanjang pesisir pantai di wilayah Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat.

“Kejadian tumpahnya batu bara di pesisir pantai Aceh Barat ini sudah sering terjadi, ini sangat kita sayangkan,” kata Ketua Tim Pansus Pertambangan Minerba dan Energi DPRA, Tarmizi yang dihubungi ANTARA dari Meulaboh, Rabu (7/6/2023).

Ia mengatakan, penelusuran kasus tumpahan material batu bara di laut Aceh Barat, merupakan insiden lingkungan yang sama sekali tidak bisa dibiarkan terjadi begitu saja.

Menurutnya, Pemerintah Aceh selaku pihak yang memiliki kewenangan penuh terkait persoalan lingkungan, harus segera melakukan pemeriksaan dan melakukan kunjungan ke lapangan untuk memastikan penyebab terjadinya tumpahan batu bara ke laut.

Akibat dari seringnya tumpahan batu bara di laut Aceh Barat, hal ini telah menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan bagi masyarakat di wilayah pesisir, karena berdampak terhadap lingkungan dan mengganggu aktivitas ekonomi masyarakat.

Tarmizi juga mendesak Pemerintah Aceh agar memiliki sikap tegas terkait kasus tumpahnya material batu bara di laut Aceh Barat, dan harus menindak secara tegas siapa pun pelakunya.

Selain itu, kata Tarmizi, beberapa waktu lalu pihaknya juga telah melakukan pemanggilan terhadap Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Aceh Barat, DLHK Provinsi Aceh serta sejumlah perusahaan tambang batu bara dan pengguna batu bara di Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Nagan Raya, Aceh.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
Viral