Aktvitas pedagang daging ayam potong di Pasar Pendopo..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Boris

Pedagang Mengalami Kerugian Akibat Minat Beli Ayam Potong di Pasar Pendopo yang Sepi

Kamis, 8 Juni 2023 - 13:30 WIB

Pali, tvOnenews.com - Sejumlah pedagang ayam potong menghadapi kesulitan akibat kenaikan harga yang terjadi sejak akhir bulan April. Harga ayam potong di Pasar Pendopo, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Pali, Sumsel, mencapai 35 ribu rupiah per kilogram pada Rabu (07/06/2023), menyebabkan penurunan penjualan karena minimnya pembeli.

Harga daging ayam potong terus meningkat sejak seminggu setelah perayaan Idul Fitri 1444 H. Jika sebelumnya harga per kilogramnya adalah 28 ribu rupiah, kini naik secara bertahap menjadi 35 ribu rupiah per kilogramnya. Hal ini diungkapkan oleh Dewi, salah satu pedagang ayam potong di pasar tersebut.

Kenaikan harga yang signifikan ini berdampak pada konsumen yang sering membatalkan pembelian ayam potong, yang pada akhirnya mengakibatkan penurunan penjualan.

"Hari ini kami menjual daging ayam dengan harga Rp34 ribu per kilogram, tetapi sebelum perayaan Idul Fitri kemarin, harga tertinggi adalah Rp30 ribu per kilogram. Setelah perayaan, harga mulai naik. Harga normalnya seharusnya Rp28 ribu, bahkan pernah mencapai Rp38 ribu. Kenaikan harga yang berkelanjutan ini sangat mempengaruhi penjualan kami saat ini. Omset kami juga berkurang karena minimnya pembeli. Sebelumnya, kami bisa menjual sekitar 400 kilogram ayam per hari, namun sekarang hanya sekitar 250 kilogram per hari. Kami juga harus memberikan upah kepada pegawai," ungkap Dewi.

Jhon, pedagang ayam potong lainnya, menyebutkan bahwa kenaikan harga daging ayam disebabkan oleh kelangkaan pasokan. Kenaikan harga ini membuat minat masyarakat terhadap ayam potong menurun. Oleh karena itu, para pedagang berharap harga daging ayam dapat kembali normal agar minat pembelian dari masyarakat juga pulih.

"Kami menjual daging ayam potong seharga Rp35 ribu per kilogram. Yang kami ketahui, penyebab kenaikan harga ini adalah penipisan stok. Penjualan kami sangat terpengaruh karena jika harga mahal seperti ini, jumlah pembeli berkurang. Kami memperkirakan bahwa menjelang Idul Adha mendatang, kemungkinan harga ayam potong akan naik lagi," kata Jhon.

(bls/fna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral