Masakan Tumis Jamur Ala Kampung di Jambi..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Tarmizi

Tumis Jamur Pohon Karet, Menu Favorit Masyarakat Batanghari di Jambi saat Musim Hujan

Sabtu, 10 Juni 2023 - 15:29 WIB

Batanghari, tvOnenews.com - Tumis jamur pohon karet khas kampung di Jambi telah menjadi menu favorit bagi sejumlah masyarakat Kabupaten Batanghari dalam acara santap siang bersama keluarga.

Rasanya yang pedas asin dan kenyal sangat cocok dinikmati saat musim penghujan. Untuk membuat tumis jamur ini, caranya sangat mudah. Cukup menggunakan 2 genggam jamur yang diambil dari pohon karet, hidangan ini bisa dinikmati oleh seluruh keluarga.

Bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk membuat tumis jamur ini meliputi 2 genggam jamur karet, 5 butir bawang merah, 3 butir bawang putih, 1 buah tomat, 1 ruas lengkuas yang digeprek, 1 lembar daun salam, gula, garam, penyedap rasa, dan air secukupnya.

Yeni, seorang ibu rumah tangga di Kabupaten Batnaghari, Jambi, sangat senang menikmati hidangan ini. Menurutnya, rasa pedas asin dan kenyalnya akan meningkatkan nafsu makan, terutama saat musim penghujan.

"Rasanya yang pedas asin sangat pas saat musim hujan. Ketika kita makan tumis jamur ini, kita biasanya mulai berkeringat karena rasanya yang asin dan pedas," kata Yeni pada hari Sabtu (10/6/2023).

Selain nikmat saat musim penghujan, mencari bahan baku untuk tumis jamur ini juga mudah. Jamur karet mudah ditemukan di sekitar rumah pada pohon karet yang sudah mati dan lembab.

"Ketika musim hujan tiba, masyarakat di Jambi, terutama di wilayah Kabupaten Batanghari, sering mencari jamur untuk dijadikan hidangan utama," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral