Personil bersih bersih sampah di kawasan pantai panjang.
Sumber :
  • Tim TvOne/Miko

Permasalahan Pantai Panjang Bengkulu, Dari Kebersihan Hingga Pungutan Liar Jadi Sorotan

Rabu, 14 Juni 2023 - 16:29 WIB

Bengkulu, tvOnenews.com - Pantai Panjang Bengkulu yang selama ini menjadi salah satu ikon wisata andalan di kota Bengkulu, selain menyimpan sejuta pesona keindahan juga menyisakan berbagai persoalan yang hingga saat ini belum dapat tertuntaskan apalagi tertata dengan baik.

Beragam permasalahan yang ada di kawasan pantai Panjang Bengkulu, Kapolda Bengkulu hari ini, Rabu (14/06/2023) menginisiasi melaksanakan rapat kordinasi Penatakelolaan Area Wisata Pantai Panjang di gedung Command Center Polda Bengkulu. Kegiatan dihadiri langsung oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, TNI, Instansi, Perguruan Tinggi, Walhi, Komunitas dan tokoh masyarakat kawasan Pantai Panjang Bengkulu.

"Rapat kordinasi ini berawal dari pelaksanaan aksi bersih bertajuk Gerakan Indonesia Bersih yang dilaksanakan Jum’at lalu. Sangat disayangkan keindahan alam Pantai Panjang Bengkulu tidak dapat dimaksimalkan karena beragam permasalahan yang ada mulai dari kebersihan, tata kelolah hingga pungli yang marak terjadi," kata Kapolda Bengkulu.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyampaikan atas nama pemerintah dan masyarakat Bengkulu mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Polda Bengkulu yang telah menginisiator dan mengambil bagian dalam membangun Provinsi Bengkulu.

Menurutnya usaha dalam menatakelola kawasan pantai panjang menjadi lebih baik telah dicanangkan sudah cukup lama namun belum mendapatkan hasil yang signifikan.

“Kita sudah melakukannya dengan waktu yang cukup panjang, sudah hampir puluhan tahun tapi progres hasilnya belum kelihatan, suasanya bisa lihat sendiri. Mudah-mudahan dengan kordinasi terpadu melibatkan teman-teman Forkopimda Provinsi dan Kota Bengkulu kita buat Satgas bersama apa yang akan kita lakukan dalam jangka pendek, menengah dan panjang kita kerjakan bersama-sama," ungkap Rohidin Mersyah, Rabu (14/6/2023).

Diakui Rohidin, selama ini pemanfaatan dan tata kelola kawasan Pantai Panjang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah Provinsi, hanya saja khusus untuk penataan keindahan berikut dengan kebersihan menjadi kewenangan Kabupaten dan Kota.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
22:31
02:12
09:21
17:30
00:55
01:19
Viral