Ketua DPRD Lampung, Mingrum Gumay (tengah)..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Puji

Marak Aksi Geng Motor dan Tawuran Pelajar, Ketua DPRD Lampung: Tingkatkan Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa

Kamis, 15 Juni 2023 - 16:50 WIB

Bandar Lampung, tvOnenews.com - Ketua DPRD Lampung, Mingrum Gumay meminta sekolah tingkat SMP dan SMA untuk memfasilitasi dan meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler sebagai wadah bagi siswa untuk mengembangkan minat dan bakat mereka. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kekosongan waktu yang bisa memicu tindakan inkonstitusional yang berbahaya.

Mingrum menjelaskan bahwa fokusnya bukanlah mencari siapa yang salah, melainkan bagaimana penanganan yang tepat sesuai dengan kewenangan masing-masing institusi.

"Peraturannya sudah ada, namun kami sedang menganalisis apakah penegakan hukum secara vertikal dapat dilakukan untuk menekan kegiatan tersebut, atau lebih berfokus pada memberikan pembekalan dan pemahaman kepada siswa melalui sekolah tentang peran penting pemuda dalam menjaga keberlanjutan negara ke depannya," kata Mingrum Gumay pada Kamis (15/6/2023).

Ia juga mengungkapkan bahwa selama dua tahun terakhir, dirinya telah fokus pada kegiatan di sekolah, khususnya di SMA, melalui program PIP dan Sosper, yang tidak dilakukan tanpa alasan yang jelas.

"Dengan semakin luasnya penyebaran informasi, kita perlu memberikan pemahaman yang komprehensif tentang bagaimana berbangsa dan bernegara dalam menghadapi perbedaan antarindividu. Kami telah melakukan upaya ini melalui program Pembinaan Ideologi Pancasila di tingkat SMA. Ini merupakan salah satu program nyata yang menunjukkan bahwa kami telah memikirkan bagaimana membentuk generasi muda yang memiliki pandangan luas dalam menghadapi perubahan dan pengaruh luar yang semakin aktif," ujar dia.

Mingrum juga meminta sekolah tingkat SMP dan SMA untuk memfasilitasi dan meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler sebagai wadah bagi para siswa untuk mengembangkan minat dan bakat mereka.

"Kolaborasi sangat penting. Anak-anak menghabiskan banyak waktu di sekolah, maka perlu mengaktifkan kembali kegiatan non-akademik dengan intensitas yang tinggi. Kami mulai melakukan pembenahan dari sini, dan kami juga meminta para orang tua untuk memberikan pendampingan dan melakukan pemantauan secara berkala ketika anak-anak berada di luar sekolah," tambahnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:05
07:53
01:23
05:26
13:30
02:11
Viral