Mie Gomak Kuah..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Syaren

Menikmati Kelezatan Mie Gomak, Hidangan Sedap Khas Tapanuli yang Menggugah Selera Wisatawan

Minggu, 18 Juni 2023 - 12:05 WIB

Tapteng, tvOnenews.comKabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) dan Kota Sibolga, Sumatera Utara, memiliki banyak tempat wisata alam dan pantai yang menarik. Selain itu, daerah ini juga terkenal dengan kuliner khasnya. Jadi, ketika Anda mengunjungi daerah ini, jangan lewatkan untuk mencicipinya.

Salah satu kuliner khas yang patut Anda coba adalah Mie Gomak, dan tidak sulit untuk menemukannya di warung-warung atau di Pasar Tradisional. Selain harganya yang terjangkau, rasanya juga sangat memikat.

Mie Gomak adalah hidangan terkenal yang berasal dari daerah Batak, khususnya Kota Sibolga dan Tapanuli. Mie ini berbentuk seperti lidi dengan warna kuning ke jingga.

Berdasarkan berbagai sumber, Mie Gomak diberi nama demikian karena dahulu mie ini disajikan dengan cara digomak atau diremas menggunakan tangan sebelum diletakkan di piring. Namun, saat ini, mie gomak tidak lagi diremas dengan tangan, melainkan disajikan menggunakan garpu atau sendok untuk menjaga kebersihan makanan.

Seiring berjalannya waktu, variasi mie gomak semakin berkembang, seperti mie kuah dan mie goreng. Resepnya menggunakan bumbu yang khas, yaitu andaliman.

Andaliman adalah bahan penyedap yang memberikan cita rasa pedas khas. Bumbu ini mudah ditemukan di Sumatera Utara, sehingga menjadikan mie gomak semakin istimewa dan khas.

Mie Gomak merupakan hidangan khas Sumatera Utara yang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan mie lainnya. Teksturnya lembut, kenyal, dan tidak mudah patah saat dimasak.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
00:40
09:45
02:10
08:30
01:38
Viral