Ikan Hiu Goreng..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Kurnia

Ikan Hiu Goreng: Kuliner Favorit dengan Rasa Unik dan Gurih di Kota Tanjungpinang

Minggu, 18 Juni 2023 - 13:05 WIB

Tanjungpinang, tvOnenews.com - Ikan Hiu Goreng merupakan salah satu kuliner favorit di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Ikan Hiu Goreng ini memiliki rasa dan tekstur yang unik dibandingkan dengan hidangan ikan laut lainnya.

Tidak hanya itu, Hiu dikenal sebagai hewan laut yang memiliki kecepatan tinggi dan kekuatan di dalam air. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika makanan unik khas Tanjungpinang ini banyak dicari oleh para pecinta seafood.

Ikan Hiu yang biasa dikonsumsi adalah jenis Ikan Hiu pasir berukuran kecil yang banyak ditemukan di perairan Kepri. Jenis Hiu ini bukanlah Hiu pemangsa berukuran besar dan dilindungi.

Daging ikan Hiu Goreng memiliki cita rasa gurih dan tekstur kenyal yang memberikan sensasi menarik saat disantap. Menu ikan Hiu Goreng dapat ditemui di berbagai Rumah Makan Seafood yang tersebar di Kota Tanjungpinang.

Ikan Hiu Goreng dapat disajikan sebagai menu utama dengan tambahan saus atau sambal yang sudah diolah oleh juru masak. Untuk menghasilkan hidangan yang lezat, ikan Hiu harus dibersihkan terlebih dahulu.

Langkah selanjutnya adalah merebus air hingga mendidih dan memasukkan ikan Hiu agar kulitnya terkikis dan bersih. Setelah itu, ikan Hiu yang sudah bersih dipotong sesuai selera.

"Ina, seorang juru masak di salah satu Rumah Makan Seafood di Tanjungpinang, menjelaskan cara mengolah ikan Hiu Goreng dengan menggunakan 1 buah bawang putih halus, tepung terigu dan tepung kanji secukupnya, baking soda, garam, kaldu jamur, merica, dan air secukupnya." ujar Ina pada Sabtu (18/6/2023).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral