Mie Aceh Ikan Tongkol yang Gurih dan Nikmat.
Sumber :
  • Tim TvOne/Ilham Zulfikar

Gurihnya Mie Aceh Ikan Tongkol Bikin Lidah Tak Berhenti Ngunyah dengan Cita Rasa Tak Ada Duanya

Rabu, 21 Juni 2023 - 12:00 WIB

Aceh, tvOnenews.com - Tidak asing dengan kuliner yang satu ini yaitu Mie Aceh, yang diracik dengan bumbu rahasia sehingga dapat menghasilkan cita rasa khasnya yang begitu gurih. Apalagi dimasak oleh orang Aceh sendiri, rasanya sangat nikmat.

Dengan ciri khas dan keunikan, apalagi dimasak secara bersamaan dengan ikan tongkol, kelezatannya sangat menggugah selera, rasanya membuat mulut tidak berhenti mengunyah. Pastinya bikin nambah.

Pedagang Mie Aceh, Zulham mengatakan, sudah 13 tahun berjualan Mie Aceh, bahkan asal usul Mie Aceh itu sendiri ia tidak diketahui secara jelas, namun mie tersebut merupakan mie yang tercipta karena ada pengaruh budaya lokal.

“Karena ada pengaruh budaya lokal yang dipadukan dengan budaya asing. Sehingga terciptanya sebuah kuliner dengan nama Mie Aceh,” kata Zulham, kepada tim tvOnenews.com saat menyantap masakan Mie Aceh nya Selasa, (20/6/2023).

Untuk Mie Aceh itu diketahui pada jaman dahulu, Aceh dikenal sebagai Kota pelabuhan di Sumatera yang menjadi tempat dimana orang dari berbagai daerah keluar masuk, bahkan orang-orang dari luar negeri seperti Arab, Turkey dan negara islam lainnya.

Kuah kental yang ada di Mie Aceh dipercayai karena pengaruh dari negara India sedangkan hidangan mie itu sendiri adalah pengaruh dari budaya Tionghoa. Cara penyajian Mie Aceh juga berbeda-beda, ada mie kuah dan mie goreng. Topping yang diberikan bersama dengan mie pun juga beragam.

Mulai dari potongan daging sapi, daging kambing, hingga seafood adalah topping yang tersedia jika memesan mie asal kota Serambi Mekah ini. Jenis mie yang digunakan untuk membuat mie Aceh juga berbeda dari mie lainnya. Mie yang digunakan adalah mie yang mempunyai bentuk pipih dan tebal.

“Mie Aceh paling banyak di gemari ialah menggunakan topping Ikan, seperti ikan tongkol, daging dan Seafood. Beli satu bungkus bisa disantap ramai-ramai dirumah pakai nasi, lebih lezat,” pungkasnya.(izr/haa)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral