Nelayan Abadikan Aktifitas Kapal Pukat harimau di wilayah Laut Aceh Timur.
Sumber :
  • Tim TvOne/ Ilham

Gawat, Kapal Trawl Bebas Beroperasi di Aceh, Nelayan Tradisional Desak Penegak Hukum untuk Mengambil Sikap

Rabu, 21 Juni 2023 - 13:07 WIB

Aceh Timur, tvOnenews.com - Nelayan Aceh Timur mengaku sangat resah akibat banyaknya berlayarnya kapal pukat Trawl ilegal yang menangkap ikan di kawasan laut pesisir Aceh Timur, Aceh dengan mengunakan pukat harimau (Trawl).

Hal itu sudah menjadi pemandangan sehari -hari oleh nelayan pada saat berlayar ke laut, mereka sering melihat kapal Trawl berbagai daerah bahkan negara yang mencari ikan di lautan Aceh Timur, seperti Kapal Trawal Belawan, Kapal Trawl Negara Malaysia dan Kapal Trawl Negara Thailand.

Menurut salah satu nelayan  Idi Rayeuk Abdul Manah menjelaskan dirinya mengaku sedih karena rumpon/tuwah (rumah ikan) milik nelayan banyak yang putus akibat tersangkut pada pukat harimau (trawl).

“Bayangkan hampir setiap minggu belasan rumpon/tuwah kapal nelayan putus karena kapal trawl mengunakan pukat harimau, terkadang mereka beroperasi jaraknya sangat dekat dengan lokasi rumpon/tuwah kami,” Jelas Abdul Manah kepada tvOnenews.com Selasa,(20/06/2023).

Menyikapi keluhan nelayan Gerakan Sosial Pemuda Pesisir (GSPP) Aceh mendesak aparat untuk mengambil langkah  cepat terkait pelayaran dan pengamblan ikan dengan pukat harimau di Kawasan perairan Aceh Timur, hal itu sangat membuat nelayan tradisional Aceh Timur merugi.

“Saya meminta Kapolda Aceh khususnya Polres Aceh Timur, harus segera turun tangan guna menyelamatkan biota laut, seperti terumbu karang, bio planton, agar laut di Aceh Timur tidak merusak ekosistemnya.” Terang Ketua Umum GSPP, Kadri.

Jangan sampai lautan Aceh Timur menjadi seperti laut wilayah Belawan Sumut yang kandas, yang mengakibatkan terumbu karang rusak sehingga ikan-ikan sudah berimigrasi ke wilayah lain.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
00:40
09:45
02:10
08:30
01:38
Viral