Polres Pringsewu berkolaborasi dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) melakukan revitalisasi situs budaya agama pura Giri Sutra Mandala, Pekon Mataram, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, Lampung.
Sumber :
  • Tim TvOne/Pujiansyah

Sambut HUT Bhayangkara ke-77, Polres Pringsewu Revitalisasi Pura Giri Sutra Sebagai Wisata Religi

Rabu, 21 Juni 2023 - 13:14 WIB

Pringsewu, tvOnenews.com - Pura Giri Sutra Mandala yang terletak di Pekon (Desa) Mataram, Kecamatan Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu, Lampung akan dinobatkan menjadi wisata Religi pada HUT Bhayangkara ke-77.

Pura Giri Sutra Mandala ditunjuk Kapolri mewakili Lampung sebagai Wisata Religi. Polres Pringsewu berkolaborasi dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) melakukan revitalisasi situs agama pura Giri Sutra Mandala.

Aparat kepolisian bersama masyarakat dan umat Hindu bahu membahu membersihkan lingkungan pura dengan cara menyapu, membabat dan mencabuti rumput.

Tampak juga sebagian anggota lain mengecat ulang beberapa bagian pura yang terlihat sudah mulai kusam.

"Proses revitalisasi ini akan berlangsung selama 3 hari dengan konsep membersihkan lingkungan dan peremajaan cat. Ia juga mengatakan melalui kegiatan sosial ini diharapkan bisa memupuk semangat gotong royong dan guyub antara Polri dengan elemen masyarakat," kata Kapolres Pringsewu, AKBP Benny Prasetya, Rabu (21/06/2023).

Kapolres berharap, setelah dilakukan revitalisasi, pura Giri Sutra Mandala menjadi lebih bersih dan tertata sehingga menambah kenyamanan umat Hindu saat menjalankan ibadah.

"Selain berfungsi ibadah, revitalisasi ini juga diharapkan bisa menambah daya tarik pariwisata sehingga bisa berdampak peningkatan ekonomi masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu, Amat Ruwaji, Pemangku Pura Giri Sutra Mandala mengucapkan terima kasih kepada Kapolri yang telah membantu dalam acara HUT Bhayangkara yang ke-77.

"Kami sebagai warga Hindu yang ada di pulau Kista Mandala mengucapkan ribuan terima kasih dan apapun pekerjaan nanti kami akan melibatkan semua umat untuk ikut serta bergotong-royong," kata dia.

Menurutnya, kekurangan Pura Giri Sutra Mandala masih banyak kekurangannya. Namun, untuk membuat Pura lagi itu tidak mudah dan ada aturannya.

"Hanya merawat yang sudah ada dan memelihara atau bersih-bersih di lokasi Pura. Dan bersih-bersih di Pura itu ada aturannya. Misalnya, pengecatan. Kalau pengecatan itu nanti kita atur sebelum diodali atau ulang tahunnya itu kita pengecatan. Ini belum lama kita odalan jadi untuk pengecatan itu belum bisa," jelasnya.

Ditunjuknya Pura Giri Sutra Mandala wisata religi oleh Kapolri, pemangku bersama warga umat Hindu merasa tidak percaya jika Pura Giri Mandala mewakili Lampung untuk HUT Bhayangkara ke-77.

"Memang seperti ketiban bulan. Jadi apa yang tidak disangka oleh kami di sini ternyata lewat Kapolri kita bisa ditunjuk sebagai tempat wisata religi di sini," tutupnya. (puj/haa)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral