Gurita bakar.
Sumber :
  • Tim tvOne/Miko

Festival Gurita Kabupaten Kaur Sajikan Puluhan Olahan Masakan Berbahan Dasar Gurita

Rabu, 21 Juni 2023 - 14:38 WIB

Kaur, tvOnenews.com - Berbagai macam masakan dengan bahan baku gurita dihidangkan dan menjadi menu utama dalam kegiatan festival gurita di Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu, Rabu (21/6/2023). Kuliner gurita ini dipusatkan di kawasan Pantai Laguna Samudera, Desa Merpas, Kecamatan Nasal, Kabupaten Kaur, Bengkulu.

Sate gurita, rendang, gulai, gurita krispi, lelecap, gurita asam manis, kerupuk hingga sajian tinta gurita lada hitam pun menghiasi pagelaran festival tahunan di Kaur tahun ini. Sajian gurita diperlombakan dengan macam varian dan ragam masakan yang tentunya menjadi sajian lezat untuk dinikmati.

Pengunjung mencicipi masakan olahan dari gurita. (tim tvOne/Miko)

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kaur, Jarnawi, mengatakan festival gurita merupakan kalender tahunan yang menjadi stimulus bagi Kabupaten Kaur untuk memperkenalkan kekayaan alam yang dimiliki, terutama hasil laut seperti gurita.

"Kita terus berinovasi untuk melakukan terobosan dalam memperkenalkan Kabupaten Kaur, sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Bengkulu dengan berbagai macam keunggulan, terutama hasil laut kita, yakni gurita, selain itu tentu wisata alam yang ada khususnya Pantai Kaur yang terus berbenah untuk menarik minat pengunjung ataupun wisatawan," kata Jarnawi, Rabu (21/6/2023).

Festival Gurita tahun 2023 ini, lanjut Jarnawi, dikemas berbeda pada tahun 2022 lalu, di mana kegiatan gurita ini memecahkan rekor MURI dengan hidangan sate gurita terbanyak yakni 10.500 tusuk sate. Tahun ini festival gurita menampilkan kreasi jenis masakan dengan bahan pokok gurita, yang saat ini menjadi salah satu hasil laut andalan Kabupaten Kaur.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral