2 Pesawat Bomber Milik Amerika Serikat Mendarat di Indonesia.
Sumber :
  • Tim TvOne/Sukri

Sejarah Terukir, 2 Pesawat Bomber Milik Amerika Serikat Mendarat di Indonesia

Kamis, 22 Juni 2023 - 14:26 WIB

Deliserdang, tvOnenews.com - Sejarah penerbangan di Indonesia terukir sejak Senin (19/6/2023), di mana hal itu terlihat dari hadirnya 2 pesawat bomber milik angkatan udara Amerika Serikat (United State Air Force/USAF) jenis B-52 Stratofortress. Di halaman parkir pesawat atau avron Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Amatan tvOnenews.com, pesawat bomber asal Amerika tersebut masih berada di avron bandara Kualanamu. Kehadiran B-52 Stratofortress dalam rangka latihan bersama, dan akan bertolak kembali hari Jum'at (23/6/2023) mendatang.

"TNI AU - USAF Cope West 2023 telah memasuki materi latihan Air Combat Tactics (ACT) di Pekan Baru, Riau. Dimana itu berarti melatihkan pertempuran udara jarak dekat banyak lawan (dogfigh) yang diperankan kedua belah pihak," tulis akun resmi instagram TNI AU @militer.udara, Rabu (21/6/2023).

Kehadiran pesawat bomber ini pun dimanfaat kan sebaik mungkin, beberapa tahapan latihan ACT pun dilakukan, antara lain misi Defensive Counter Air (DCA) dan Offensive Counter Air (OCA). Kedua misi tersebut diperankan secara bergantian oleh kedua angkatan udara, sesuai skenario latihan yang dibuat.

"Dalam exercise, setiap pihak memiliki kesempatan untuk Blue Force sebagai DCA dan Red Force sebagai OCA," jelas Lettu Pnb Akbar bitzer aviantara, salah seorang penerbang skardon udara 3.

Diharapkan atas terlaksananya latihan tempur udara ini, para penerbang harus mampu dan menguasai teknik, serta pengetahuan tentang BFM (Basic Figth Manuver), ACM (Air Combat Manuver) dan TI (Tectical Intercept).

Sejak pertama mendarat pada Senin (19/6/2023) lalu, terhitung pesawat pengebom asal Amerika Serikat ini akan berada di Indonesia selama 5 hari, dengan agenda latihan udara antar pesawat tempur pada berbagi bandar udara. (asr/lno)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral