Pemerintah Kabupaten Pali Lakukan Sidak Harga Bahan Pokok Menjelang Idul Adha.
Sumber :
  • Tim TvOne/ Boris

Pemerintah Kabupaten Pali Lakukan Sidak Harga Bahan Pokok Menjelang Idul Adha

Selasa, 27 Juni 2023 - 15:04 WIB

Pali, tvOnenews.com - Pemerintah Kabupaten Pali, Sumsel melakukan inspeksi mendadak (Sidak) terhadap harga kebutuhan pangan di Pasar Pendopo Talang Ubi menjelang perayaan Idul Adha 1444 Hijriah.

"Kami dari tim monitoring Kabupaten Pali melakukan pemantauan ketersediaan kebutuhan pokok dan harga menjelang perayaan Idul Adha 1444 Hijriah," ujar Rizal Fahlevi, Asisten II Pemkab Pali, pada Selasa (27/06/2023).

Rizal melanjutkan, dari hasil pemantauan, ketersediaan kebutuhan pokok masih mencukupi, dan harga masih terjangkau meskipun terdapat kenaikan dalam batas normal. Menurutnya, hasil sidak yang dilakukan hari ini menunjukkan adanya kenaikan harga pada beberapa bahan pangan pokok. Salah satunya adalah daging sapi, yang harga normalnya sekitar Rp120 ribu per kilogram, naik menjadi Rp140 ribu per kilogram menjelang Idul Adha. Selain itu, harga bawang merah juga mengalami kenaikan, dari Rp37 ribu menjadi Rp40 ribu per kilogram.

"Daging ayam ras juga mengalami kenaikan dari Rp34 ribu per kilogram menjadi Rp38 ribu menjelang Idul Adha, dan cabai merah keriting mengalami kenaikan dari Rp37 ribu menjadi Rp45 ribu per kilogram. Kenaikan harga ini terjadi sebagai dampak menyambut Idul Adha, sementara ketersediaan saat ini tidak mengalami kelangkaan, dan pasokan sembako masih mencukupi kebutuhan masyarakat," jelasnya.

Sementara itu, Jhon, seorang pedagang daging sapi di Pasar Pendopo Talang Ubi, mengungkapkan bahwa kenaikan harga daging sapi sudah terjadi beberapa hari yang lalu. Ia juga mengeluhkan bahwa kenaikan harga ini mengakibatkan jumlah pembeli berkurang.

"Tentunya kami sangat mengeluhkan situasi ini, karena jumlah pembeli berkurang dari sebelumnya. Kami hanya mendapatkan keuntungan yang tipis dari penjualan ini," ungkapnya. (bls/cai)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:47
02:23
03:15
01:19
06:20
02:53
Viral