Personel gabungan TNI Kodim 0424 Tanggamus, Polres Tanggamus, masyarakat dan sejumlah relawan bahu membahu membuka jalan dengan cangkul untuk membuang material tanah longsor..
Sumber :
  • Tim TvOne/Pujiansyah

Petugas Gabungan Buka Akses Jalinbar Tanggamus Lampung yang Tertutup Tanah Longsor

Jumat, 30 Juni 2023 - 13:29 WIB

Tanggamus, tvOnenews.com - Setelah sempat tertutup material tanah longsor, jalan lintas Barat (Jalinbar) di Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus, Lampung akhirnya bisa dilewati kembali, Jumat (30/6/2023).

Personel gabungan TNI Kodim 0424 Tanggamus, Polres Tanggamus, masyarakat dan sejumlah relawan bahu membahu membuka jalan dengan cangkul untuk membuang material tanah longsor. Arus lalu lintas, baik yang dari arah Semaka maupun Kota Agung telah lancar melintas.

Kondisi ketiadaan alat berat untuk menyingkirkan material tanah longsor di Jalinbar tersebut sangat dikeluhkan oleh pengguna jalan maupun masyarakat yang membutuhkan kecepatan penanganan sehingga bencana segera tertangani.

"Kami mohon bantuannya, untuk warga pekon kami. Kami butuh alat berat di pekon srikaton, semaka," kata Rohman, Jumat (30/6/2023).

Rohman mengaku kecewa atas langkah penanganan Pemerintah Kabupaten Tanggamus yang lambat menangani bencana yang terjadi, baik dengan dalih cuti maupun lebaran.

"Kami sangat kecewa atas lambatnya penanganan, bagaimana kalau nanti malam kembali hujan dan air menerjang rumah-rumah kami," keluhnya.

Keluhan juga disampaikan Wandi, selaku pengguna jalan, yang telah berjam-jam menunggu terbukanya jalan yang sangat lambat, padahal jalan lintas barat adalah jalan utama yang harusnya ditangani dengan cepat.

"Kalo saya liat sangat lambat, dari pagi belum ada alat berat. Untung saja ada petugas gabungan yang pelan-pelan membuka jalan," kesalnya.

Berdasarkan keterangan salah satu petugas BPBD Tanggamus, ketiadaan alat berat hanya dipicu operator yang sedang cuti, namun mereka tidak mengambil langkah-langkah terbaik seperti sewa atau rental. (puj/haa)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral