Menu Oseng Jengkol tempe khas warga Musi Banyuasin.
Sumber :
  • Tim TvOne/Puja Kusuma

Oseng Tempe dan Jengkol, Menu Masakan Favorit Warga Muba

Jumat, 30 Juni 2023 - 14:16 WIB

Musi Banyuasin, tvOnenews.com - Dihari Raya Idul Adha ini tentunya banyak masakan atau kuliner yang berbahan dasar dari olahan daging, nah ada masakan yang spesial yang bahannya adalah Jengkol dan Tempe, yakni oseng jengkol tempe cabe rawit.

Masakan ini sangat disukai oleh masyarakat Indonesia, khususnya warga Musi Banyuasin, bahkan, konon menu masakan Jengkol dan Tempe ini, mampu mengobati penyakit Diabetes serta mencegah Anemia.

Untuk membuat  oseng jengkol dan tempe ini diperlukan jengkol tua yang sudah direbus dengan tekstur empuk, serta tempe kedelai super. Racik bumbu seperti cabe rawit merah, bawang merah dan bawang putih, serai, lengkuas, jahe, serta beberapa bumbu spesial lainya. Iris seluruh bumbu racikan, kemudian tambahkan garam dan penyedap rasa serta gula putih.

Oseng semua bumbu hingga setengah matang, kemudian masukan jengkol rebus yang sudah diiris dan tempe, kemudian oseng dan ditambah kecap manis, setelah masak oseng jengkol tempe siap disajikan untuk menu makan yang menggugah selera kita.

"Oseng jengkol dan tempe ini merupakan masakan andalan kami warga muba pak, pedes manis dan sangat lezat. Kalau makan dengan lauk oseng jengkol dan tempe pasti nambah terus" pungkas Linda Marea warga Balai Agung, Muba.

Nah untuk menghilangkan penyakit Diabetes dan mencegah anemia coba masakan oseng jengkol campur tempe, masakan ini merupakan kuliner sejuta rasa yang berasal dari pesisir Sungai Musi khususnya Musi Banyuasin.(pka/haa)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral