Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla, membuka secara resmi ajang Jumpa Bakti Gembira Palang Merah Remaja (Jumbara PMR) Nasional IX tahun 2023, yang berlangsung di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.
Sumber :
  • Tim TvOne/ Pujiansyah

Jusuf Kalla Buka Jumbara Palang Merah Remaja Tingkat Nasional, Diikuti 2200 Kontingen dari 12 Negara

Selasa, 4 Juli 2023 - 16:01 WIB

Lampung Selatan, tvOnenews.com - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Muhammad Jusuf Kalla (JK) membuka acara kegiatan Jumpa Bakti dan Gembira (Jumbara) ke IX Palang Merah Remaja (PMR) tingkat Nasional tahun 2023 di Lampung Selatan, Selasa (4/7/2023).

Kegiatan Jumbara PMR Nasional ini yang dihadiri 2.200 peserta dari 34 provinsi di Indonesia dan 12 negara. Keanekaragaman budaya se Indonesia ditampilkan semua dalam pembukaan Jumbara PMR Nasional ke IX ini. Ribuan peserta turut mengenakan pakaian dan topeng adat saat mengikuti upacara.

"Ada sekitar 2200 peserta kontingen dari seluruh Indonesia, tentu kalian datang dengan keberanian, kemampuan dan juga untuk sama-sama bekerja untuk kemanusiaan. Pengalaman tidak hanya dapat diperoleh di sekolah, tetapi juga melalui interaksi dan belajar bersama-sama," kata Jusuf Kalla, Selasa (4/7/2023).

Jusuf Kalla melanjutkan, ajang Jumbara ini bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi antar peserta dan kontingen dari berbagai provinsi se-Indonesia dan 12 negara sahabat.

"Harapan saya dalam ajang Jumbara ini dapat mempererat tali silaturahmi serta membuat generasi muda dapat mengerti bagaimana perdamaian kemanusiaan dan kerukunan," ucapnya.

Jusuf Kalla menambahkan, seharusnya kegiatan Jumbara ini kita adakan pada tahun 2021 yang lalu. Namun, karena Pandemi Covid-19 sehingga dapat dilaksanakan pada tahun 2023 ini.

"Harapan saya tentunya dapat menghasilkan generasi muda yang mengerti tentang upaya perdamaian, kemanusiaan dan lain sebagainya," ungkapnya.

Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto menyampaikan ucapan selamat datang kepada para peserta Jumbara yang akan mengikuti kegiatan ini pada 02-10 Juli 2023.

"Kami sebagai masyarakat Lampung selatan merasa sangat bangga karena menjadi kesempatan terbaik sebagai tuan rumah acara Jumbara nasional ke IX ini," kata dia

Pembukaan Jumbara tingkat nasional ini ditandai dengan pemukulan alat musik Cetik oleh Mantan Wakil Presiden RI era SBY dan Joko Widodo, Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, Ketua PMI Lamsel Winarni Nanang Ermanto, serta Sekretaris Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto. (puj/cai)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:36
04:20
04:02
05:04
01:29
04:04
Viral