Rusa jenis totol di Banyuasin..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Rizal

Puluhan Rusa Mati di Taman Wilayah BUMN Banyuasin, Diduga Digigit Anjing Liar

Sabtu, 8 Juli 2023 - 12:26 WIB

Palembang, tvonenews.com - Sebanyak 28 ekor rusa totol ditemukan mati di komplek BUMN di Sungai Gerong, Banyuasin, Sumatera Selatan. Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumsel, Ujang Wisnu Barata, mengungkapkan bahwa kematiannya diduga akibat serangan oleh anjing liar yang berkeliaran di sekitar komplek tempat rusa-rusa tersebut berada.

Pagi ini, puluhan rusa totol ditemukan tewas di komplek taman. Dari total 68 rusa yang ada di dalam komplek, 28 ekor ditemukan mati, sementara 5 ekor masih dalam pemeriksaan. Namun, kemungkinan untuk rusa-rusa yang masih hidup sangat kecil, demikian yang diungkapkan Ujang saat dihubungi wartawan pada Jumat (7/7/2023).

Ujang menjelaskan bahwa penyebab kematian puluhan rusa ini diduga disebabkan oleh serangan anjing liar. Meskipun ada pemukiman warga di sekitar komplek, namun tidak ada yang memiliki anjing tersebut.

"Kita belum mengetahui kapan serangan terjadi, tetapi kemungkinan besar serangan terjadi pada malam hari. Pada pagi harinya, sudah banyak yang ditemukan mati," ungkap Ujang.

BKSDA Sumsel dan dokter hewan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumsel telah berada di lokasi untuk melakukan nekropsi dan penyelidikan lebih lanjut terkait penyebab kematian rusa-rusa ini.

Hingga saat ini, pihak terkait yang merawat rusa-rusa tersebut belum dapat memberikan keterangan saat dihubungi oleh wartawan.

(srl/fna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral