Tari Tor-tor Batak menyambut tamu..
Sumber :
  • Tim tvOne/Tim tvOne

Pesta Tugu Marga Tertua di Suku Batak Toba Diwarnai Pemberian Ulos Soraburuk

Sabtu, 8 Juli 2023 - 16:53 WIB

Samosir, tvOnenews.com - Pesta tugu marga tertua di suku Batak Toba diwarnai pemberian Ulos Soraburuk (sebidang tanah). Pemberian ulos tersebut merupakan rangkaian peresmian Tugu Parsadaan Pomparan Limbong Mulana Indonesia (PPLMI) yang dihadiri Ketua Umum PSBI Dr. Effendi Muara Sakti Simbolon dan Bupati Samosir Vandiko T Gultom

Kegiatan ini digelar di Limbong, Desa Sarimarrihit, Kecamatan Sianjur Mulamula. Uniknya, dari rangkaian acara ada sesi pemberian ‘Ulos Soraburuk’ (sebidang tanah) kepada marga Simbolon, selaku ‘Boru Sihabolonan’ dari marga Limbong.

Menurut Ketua Umum PPLMI Bernhard Limbong, pembangunan Tugu Limbong Mulana telah lama dinantikan. Oleh kerena itu, ia berharap ke depannya kehadiran Tugu Limbong Mulana akan mempererat hubungan kekerabatan dari marga Limbong. 

“Limbong merupakan marga tertua di suku Batak Toba, dan baru pertama melaksanakan pesta tugu,” terangnya.

Pemberian ulos kepada tamu. (tim tvOne)

Ketua Umum PSBI, Dr. Effendi Muara Sakti Simbolon, menjelaskan kehadirannya yang didampingi Bupati Samosir Vandiko T Gultom beserta rombongan, atas undangan dari marga Limbong, yang merupakan ‘Tulang’ (Paman) dari marga Simbolon.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
Viral