Peta gempa Meulaboh di lihat dari statelit BMKG.
Sumber :
  • Tim TvOne/Chaidir Azhar

Aceh Barat di Diguncang Gempa 5,2 Magnitudo, BMKG Imbau Warga Waspada Gempa Susulan

Senin, 10 Juli 2023 - 13:18 WIB

Aceh BarattvOnenews.com – Masyarakat Meulaboh dan sekitarnya pada Senin pagi sekitar pukul 08.18 WIB di kagetkan dengan gempa berkuatan 5,2 Magnitudo. Badan Meteorologi Klimatog dan Geofisika mengimbau warga untuk waspada dengan gempa susulan.

Prakirawan BMKG Cut Nyak Dhien Nagan Raya, Rahmad Zikri mengatakan, pusat gempa tersebut berada di lintang bujur 3.65 LU 95.84 BT, 63 kilo meter di laut Barat Daya Meulaboh.

“Pusat gempanya berada di kedalaman 27 Kilometer. Guncangannya dirasakan di beberapa wilayah seperti Meulaboh, Calang, Banda Aceh, Aceh Tengah dan Pidie,” kata Rahmad Zikri, Senin (10/7/2023).

Zikri menjelaskan, gampa dengan kekuatan 5,2 Magnitodu tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami, akan tetapi pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap berhati – hati dan waspada.

“Gempanya memang tidak terlalu kuat, akan tetapi kita meminta kepada masyarakat untuk tetap siaga karena bisa saja terjadi gempa susulan,” katanya.

Terlabih lagi sebut Zikri, dalam beberapa hari belakangan ini sejumlah wilayah di Provinsi Aceh diguncang gampa secara berturut – turut, meskipun kekuatannya tidak berpotensi tsunami akan tetapi dampaknya bisa menyebabkan bencana alam seperti longsor.

“Kalau untuk penyebab terjadinya gempa sampai saat ini kita belum tau mungkin nanti saya akan coba koordinasi dengan pihak Geofisika untuk mencari tahu penyebab gampanya,” ujar Zikri.(kha/haa)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:28
02:37
04:23
07:11
01:01
15:36
Viral