Punya Arus Sungai Terbaik di Dunia, Arung Jeram Sungai Asahan Tidak Terpilih Sebagai Vanue PON 2024.
Sumber :
  • Tim TvOne/ Jasa Manurung

Punya Arus Sungai Terbaik di Dunia, Arung Jeram Sungai Asahan Tidak Terpilih Sebagai Venue PON 2024

Senin, 17 Juli 2023 - 11:12 WIB

Asahan, tvOnenews.com - Punya lokasi bagus, pemandangan indah, infrastruktur yang cukup baik, dan salah satu arus sungai paling baik dan diakui dunia internasioanal, Sungai Asahan di Desa Tangga Kabupaten Asahan, tak dilirik dan terpilih sebagai salah satu tempat perlombaan saat Pekan Olahraga Nasional 2024 Aceh - Sumut mendatang sebagai tempat perlombaan dalam cabang olah raga Arung Jeram.

Berada di Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsangan, Kabupaten Asahan Sumatera Utara, aliran Sungai Asahan yang deras, mengalir dari air Danau Toba melewati bendungan Sigura gura, kemudian melewati hijaunya lahan Bukit Barisan hingga airnya mengalir ke Selat Malaka, membuat Arung Jeram Desa Tangga ini banyak dikagumi para Rafter (atlet arung jeram) dunia. Arung Jeram Sungai Asahan ini menurut berbagai sumber berada di peringkat 3 sebagai tempat terbaik dan ekstrim didunia setelah Sungai Zambesi di Afrika, dan Sungai Colorodo di Amerika. Tapi sekali lagi, dengan segala  keunggulannya, tak membuatnya menjadi salah satu vanue di PON 2024

Federasi Arung Jeram Indonesia Sumatera Utara kecewa dengan situasi ini, setelah Sungai Asahan tidak terpilih sebagai tempat/vanue saat PON nanti. Sekjen FAJI Sumut Elwin Rizapahlevi mengatakan bahwa pihaknya merasa kehilangan setelah PLTA PLN 3 menutup jalur.

"Mungkin di bulan Oktober 2023, akan ditutup jalur atas oleh PT PLN, maka ikon Sungai Asahan sebagai ikon arung jeram terbaik akan hilang, kita tidak akan memilki arung jeram itu lagi karena akan dibuka PLTA PLN 3," jelas Elwin kepada tvOnenews, Senin (17/7/2023), ketika ditanya soal tidak terpilihnya Sungai Asahan sebagai salah satu tempat perhelatan PON 2024.

Lebih lanjut dia mengatakan, bahwa warga Sumatera Utara akan merasa kehilangan satu tempat lokasi arung jeram terbaik didunia. "Tidak akan ditemukan lagi sensasi arung jeram Sungai Asahan di sungai manapun di Indonesia ini, kami merasa kehilangan dan dirugikan," ujarnya. Namun dia tetap bersyukur arung jeram dapat dipertandingkan dalam cabang olah raga prestasi dibawah binaan KONI, dan rencananya saat PON 2024 tahun depan akan diperlombakan di Sungai di Provinsi Aceh.(jmg/cai)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:52
01:44
01:33
06:44
09:50
00:57
Viral