Tabrakan Kereta Api Kuala Stabas dengan truk fuso bermuatan tebu di Lampung Utara..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Puji

Tabrakan Kereta Api dan Truk di Lampung Utara: PT KAI Menuntut Tanggung Jawab Pengemudi Truk

Rabu, 19 Juli 2023 - 06:21 WIB

Lampung Utara, tvOnenews.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengecam kecerobohan pengemudi mobil yang tidak memberikan prioritas kepada perjalanan kereta api, yang mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalu lintas antara truk bermuatan tebu dan kereta api (KA) Kuala Stabas relasi Tanjung Karang - Baturaja. Kejadian ini terjadi di perlintasan liar tanpa palang pintu di km 81+0/1 petak jalan antara Blambangan Pagar - Kalibalangan pada hari Selasa (18/7/2023).

Pelaksana Harian (Pelakhar) Manager Humas Divre IV Tanjungkarang, M Reza Fahlepi, menyampaikan permohonan maaf atas gangguan perjalanan KA di wilayah Divre IV Tanjungkarang.

"Saat ini, petugas di lapangan sedang berupaya untuk memulihkan jalur dan perjalanan KA," kata Reza pada hari Selasa (18/7/2023).

Reza menjelaskan bahwa KA Kuala Stabas beroperasi sesuai dengan aturan yang ditetapkan dari Stasiun Blambangan Pagar. Masinis telah membunyikan semboyan 35 (klakson) dengan keras. Namun, sebuah kendaraan R10 (truk) dengan nomor polisi BE 9124 AQ yang bermuatan tebu seberat sekitar 25 ton dari arah Timur menuju Barat melintas di perlintasan sebidang tanpa palang pintu yang tidak terjaga (liar).

Kendaraan tersebut berhenti di tengah jalur KA KM 81+0/1 Petak Jalan Blambangan Pagar-Kalibalangan, yang mengakibatkan truk menabrak bagian depan Lokomotif CC 201 8342 dan terseret sekitar 100 meter ke arah Kotabumi.

"Akibat kejadian tersebut, Lokomotif CC 2018342 milik KAI mengalami kerusakan dan perjalanan KA Kuala Stabas serta Ekspres Rajabasa terganggu. Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," jelas Reza.

KAI Divre IV Tanjungkarang juga mengambil tindakan dengan mengalihkan penumpang yang terdampak perjalanan mereka agar tetap sampai ke tujuan. Penumpang KA Kuala Stabas relasi Tanjung Karang - Baturaja (S8) sebanyak 365 penumpang diakomodasi menggunakan bus dari Blambangan Pagar ke Kotabumi (KA S8 menggunakan rangkaian S7 yang balik ke Baturaja).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral